Teknik Penyemprotan Pada Tanaman Padi

Teknik Penyemprotan Pada Tanaman Padi

Teknik Penyemprotan Pada Tanaman Padi – Ada beberapa teknik pemupukan yang dilakukan oleh para petani, salah satunya melakukan pemupukan dengan teknik penyemprotan pada tanaman padi yang lebih mudah dilakukan dan lebih efisien.

PENYEMPROTAN PADA PADIteknik penyemprotan pada tanaman padi

Penyemprotan pada padi adalah kegiatan yang biasanya dilakukan para petani untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal dengan padi yang berkualitas. penyemprotan pupuk pada tanaman padi sangat berpengaruh karena padi pada umumnya pasti memiliki hama yang selalu menyerang tanaman tersebut.

Maka dari itulah penyemprotan menjadi sangat penting dan berpengaruh terhadap hasil panen dari padi tersebut karena jika tidak dilakukan maka hama penyakit akan menyerang padi yang jelas akan menghambat pertumbuhannya.

BAGAIMANA CARA PENYEMPROTAN PADA PADI

Penyemprotan ini tidak bisa sembarangan dilakukan , ada beberapa teknik penyemprotan padi yang tepat dan benar. teknik penyemprotan yang dilakukan harus sesuai dengan usia yang dimiliki padi tersebut. tentunya untuk padi yang berusia satu minggu pasti berbeda dengan padi yang sudah berisi.

Disamping itu harus juga memperhatikan waktu untuk penyemprotan padi , ada waktu-waktu khusus yang dilarang untuk menyemprot tanaman padi.

TEKNIK PENYEMROTAN PADA TANAMAN PADI

Ada beberapa teknik dalam penyemprotan padi yang harus dilakukan ssetiap petani agar mendapatkan hasil yang baik yaitu diantaranya

• Penyemprotan Dengan Waktu Yang Tepat

Dalam penyemprotan padi juga harus menetukan wwaktu yang tepat agar tanaman padi tidak mati dan agar kebtuhan padi dapat terpenuhi dengan baik dan dapat memberantas hama maupun gulma yang menyerang tanaman padi.

Penyemprotan padi dilakukan ketika mulut daun sotamata terbuka yang terjadi di waktu tertentu . Penyemprotan dilakukan pada pagi hari dengan batas waktu sampai jam 9 dan sore dari jam 3 dengan batas sampai jam 5 sore.

Waktu-waktu penyemprotan ini dilakukan agar tidak menyebabkan tanaman layu dan rusak yang tentunya akan merugikan petani.

• Melakukan Penyemprotan Pada Bagian yang Tepat

Ada bagian bagian tertentu dalam menyemprot tanaman padi yaitu dengan menyemprotkannya ke seluruh bagian tanaman guna memberants seluruh hama . Jika ingin memberikan pupuk dengan cara penyemprotan maka semprot lah pada bagian daun guna memeberi nutrisi pada daun itu sendiri.

Ada baiknya jika menyemrot ke seluruh bagian pada tanaman padi ,karena dengan ini pupuk akan mudah diserap oleh tanaman padi tersebut.

• Kondisi Cuca Yang Berpengaruh

Sebelum melakukan penyemprotan ,ada baiknya bagi para petani untuk memperhatikan cuaca terlebih dahulu ,jika cuaca akan hujan maka sebaiknya untuk tidak melakukan penyemprotan pada padi karena akan menyebabkan pupuk yang telah disemprot akan tercuci oleh hujan.

Jika kita tidak memperhatikan kondisi cuaca maka kerja kita akan sia -sia karena pada saat kondisi hujan pupuk yang telah disemprotkan akan tersapu habis dan membuat tanaman tidak mendapatkan apa-apa dari hasil penyemprotan .

PERHATIKAN INI SEBELUM PENYEMPROTAN

Sebelum melakukan penyemprota ada beberapa hal yang perlu petani ketahui yaitu pastikan pupuk yang sudah dilarutkan jangan berlebihan dan bagusnya dengan konsentrasi yang rendah .dan biasakanlah membaca keterangan yang ada pada kemasan pupuk sebelum melakukan penyemprotan.

Saat melakukan penyemprotan pupuk pada daun bisa juga dilakukan bersamaan dengan memberikan pestisida atau kalo bisa dengan zat perangsang tanaman agar kualitas yang dihasilkan pasi menjadi lebih baik.

Mungkin itu beberapa Teknik penyemprotan yang bisa anda lakukan pada tanaman padi anda , jika info kurang lengkap anda bisa langssung mengunjungi TOKO PUPUK yang menyediakan banyak solusi bagi tanaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *