Jual Pupuk Penyubur Tanah

Jual Pupuk Penyubur Tanah

JUAL PUPUK PADI BIAR SUBUR – Teknologi penanaman padi sudah banyak beredar dikalangan masyarakat, salah satunya teknologi penanaman padi dengan metode haston. Berawal dari sebuah pengamatan lapangan, bahwanya para petani melakukannya dengan cara menggunakan 1 – 3 bibit per lubang tanam, dengan hasil dalam satu (1) rumpun padi 10 – 20 anakan vegetatif maupun generatif menghasilkan 10 – 15 anakan produktif.

Tidak begitu puas dengan produktifitas itu sendiri di kalimantan Barat melakukan penanaman padi dengan cara 1 (satu) lubang tanam dengan populasi 1 – 5 bibit, lalu 10 – 30 bibit yang dapat dikenal dengan ‘Teknologi Hazton’ dari beberapa hasil percobaan produksi terbaik menggunakan 20 – 30 bibit perlubang tanam dengan anakan poduktif per/rumpun 45 – 50 batang dengan jumlah bulir 200 – 250.

Dengan hasil percobaan Teknologi Hazton juga dapat diketahui secara fisik tanaman yang lebih kuat dari berbagai serangan OPT, yang jumlah anakan lebih kuat karena terdapat dari anakan induk, karena malainya masak serempak serta juga masaknya bulir padi yang lebih cepat kisaran 2 minggu dari yang biasa dilakukan oleh petani.

Dan ini pun bisa menjadi potensi untuk diterapkan dalam upaya mendukung pencapaian swasembada pangan dalam 3 Tahun kedepan sesuai dengan yang telah ditargetkan, dapat disimpulkan bahwa teknologi HAZTON adalah suatu metode tanam padi dengan bibit padat antara 20 – 30 bibit per lubang tanam.

Sistem ini cukup sederhana, cara pada umumnya yang petani gunakan, yakni teknik menanam dari bibit yang ada, kemudian dipindahkan dan dibagi, hingga 3 – 4 tanaman yang ditanam, akan tetapi untuk teknik hazton, bibit yang ditanam tidak dibagi – bagi hingga langsung ditanam mencapai 20 – 25 tanaman, sedangkan pun dengan metode hazton tempat pembibitan harus dengan hati – hati agar akarnya tidak banyak yang putus.

Teknik ini pun dapat dipakai pada semua varietas dan bisa tumbuh dengan baik dalam lahan lembab maupun maupun kering sekalipun, para petani pun menggunakan teknik ini, padinya masak serentak hingga akan dapat memudahkan petani karena tidak memanen hingga dua kali.

Banyak keuntungan yang bisa di dapatkan dengan meng-aplikasikan metode ini yang tentunya saja hasil produksinya dapat meningkat, dan juga beberapa keuntungan lainnya yiatu penanamnanya mudah, tanaman denngan cepat beradaptasi dan tidak mudah stress.

Dikarenakan bibit yang digunakan itu bibit tua, maka tanaman ini dapat lebih tahan terhadap hama berupa keong atau orong-orong, ketahanan bibit ini pun akan meminimalisir penyulaman, yang selain itu juga dapat meminimalisir penyiangan.

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN

jual pupuk penyubur tanah-min

Tanaman lebih tahan terhadap berbagai serangan hama berupa keong mas dan juga anjing tanah, dengan kompetisi penyerapan unsur hara serta kelembaban iklim mikro disekitar kanopi menjadi tinggi sehingga rentan terhadap serangan hama serta penyakit seperti, Blas, HDB, WBC. Malai yang dihasilkan pun beragam dari segi umur dan juga ukuran.

Karena rumpun padi Hazton ini sangat rapat dan tidak memberi kesempatan untuk hama seperti gulma untuk ikut tumbuh diantara tanaman padi, karenanya penyulaman serta penyiangan dapat dapat dihindari, dan dengan secara otomatis metode ini pun dapat mengehmat biaya tenaga kerja.

teknologi ini pun dapat memepercepat masa panen sekitar 15 hari lebih cepat dibanding usia normal, dan juga mutu gabah yang tinggi dengan presentase hampa yang rendah, serta dapat menghasilkan beras yang berkualitas tinggi dengan presentase beras pecah yang rendah.

Dengan konsep pengolahan tanah dengan metode Hazton tidak banyak yang berbeda dengan metode lain, apa yang telahsaya gambarkan tentang teknologi hazton dengan pola teknologi tanam padi yang memaksimalkan sifat fisiolgis dari tanaman padi ini, setidaknya menjadi sebuah acuan serta panutan bagi
masyarakat bahwa kita secara aktif bisa menyesuaikan kondisi spesifik di daerahnya masing – masing dengan teruslah berkarya menuju tujuab untuk dapat ber swasembada pangan indonesia.

Ciri yang dapat diraih dalam teknologi budidaya Hazton ialah dengan penggunaan bibit tua umur 25 – 30 hari setelah semai dan jumlah bibit perlubang 20 – 30 batang, teknologi lainnya menggunakan pendekatan PTT, penerapan teknologi hazton pada tanaman padi yang bersifat spesifikasi lokasi.

Untuk info lebih lanjut mengenai penunjang pupuk organik yang tepat dapart melalui kontak kami : 0819 – 2939 – 2929

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *