Jual Pupuk Kompos Di Jogja

Jual Pupuk Kompos Di Jogja

Jual Pupuk Kompos Di Jogja Seperti pupuk pada umumnya, pupuk kompos juga memiliki keunikan serta fungsi tersendiri sebagaimana pupuk lain. Secara singkat, pupuk kompos adalah salah satu pupuk organik yang di buat dengan cara menguraikan sisa-sisa tanaman dan hewan dengan bantuan organisme hidup.

Pasalnya saat ini masyrakat lebih cenderung lebi suka memakai pupuk organiik dibandingkan pupuk yang berbahan kimia. teknologi pengomposan dikembangkan dari proses penguraian material organik yang terjadi di alam bebas.

Terbentuknya humus di hutan merupakan salah satu contoh pengomposan secara alami. Prosesnya berjalan sangat lambat, bisa sampai berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Kemudian umat manusia memodifikasi proses penguraian material organik tersebut.

Sehingga pengomposan yang dikelola manusia bisa dilakukan dalam tempo yang lebih singkat. pupuk kompos mudah dibuat dan teknologinya sederhana. Semua orang bisa mengerjakannya, baik untuk skala pertanian maupun sekadar keperluan pekarangan.

Maka dalam artikel ini saya akan menjelaskan beberapa komponen-komponen penting mengenai pupuk kompos, jenis-jenis kompos, manfaatnya bagi tanaman dan lain sebagainya. Ketika kita ingin memahami lebih jauh mengenai kompos maka hal yang pertama kali yang harus kita fahami adalah mengenai krakteristiknya. Pengenalan terhadap krakteristik pupuk akan semakin mudah bagi kita untuk membedakan antara pupuk kimia dan pupuk organik seperti pupuk kompos.

Krakteristik Pupuk Kompos

jual pupuk kompos di jogja

Selain menyediakan nutrisi bagi tanaman, pupuk kompos bekerja dengan cara memperbaiki struktur fisik, kimia dan biologi tanah. Secara fisik, kompos meningkatkan kemampuan tanah untuk menyimpan air sebagai cadangan di saat kekeringan.

Kompos juga membuat tanah menjadi gembur dan cocok sebagai media tumbuh akar tanaman. Pada tanah tipe pasir sekalipun, material kompos berguna menjadi perekat sehingga tanah menjadi lebih solid. Sedangkan pada tanah liat atau tanah lempung, kompos berfungsi menggemburkan tanah agar tidak terlalu solid.

secara kimiawi, pupuk kompos bisa meningkatkan kapasitas tukar kation dalam tanah. Karena semakin banyak kandungan organik dalam tanah, semakin baik kapasitas tukar kationnya. Kapasitas tukar kation berfungsi melepaskan unsur-unsur penting agar bisa diserap dengan mudah oleh tanaman.

Secara biologi, pupuk kompos adalah media yang baik bagi organisme tanah untuk berkembang biak. Baik itu dari jenis mikroorganisme maupun satwa tanah lainnya. Aktivitas mikroorganisme dan satwa tanah akan memperkaya tanah dengan zat hara penting bagi tanaman. pupuk kompos yang baik memiliki ciri-ciri umum sebagai berikut:

1. Baunya sama dengan tanah, tidak berbau busuk
2. Warna coklat kehitaman, berbentuk butiran gembur seperti tanah
3. Jika dimasukkan ke dalam air seluruhnya tenggelam, dan air tetap jernih tidak berubah warna
4. Jika diaplikasikan pada tanah tidak memicu tumbuhnya gulma.

Pada dasarnya pupuk kompos hampir sama dengan tanah biasa. Seperti krakteristik yang telah saya jelaskan. Maka saya kira mengetahui krakteristiknya secara detail agar kita tidak mudah tertipu dengan maraknya penyedia pupuk kompos yang katanya asli buatan sendiri.

Pupuk kompos juga memiliki banyak jenis dan manfaat masing-masing dalam setiap jenisnya. Berikut beberapa jenis pupuk kompos yang bisa saya sajikan.

Jenis-Jenis Pupuk Kompos

Pengelompokan jenis-jenis pupuk kompos bisa dilihat dari tiga aspek. Pertama, dilihat dari proses pembuatannya, yaitu ada kompos aerob dan anaerob. Kedua, dilihat dari dekomposernya, ada kompos yang menggunakan mikroorganisme ada juga yang memanfaatkan aktivitas makroorganisme.

Ketiga, dilihat dari bentuknya ada yang berbentuk padat dan ada juga yang cair. Berikut ini beberapa contoh dari jenis-jenis pupuk kompos yang umum dipakai.

1. Pupuk kompos aerob

Pupuk kompos aerob dibuat melalui proses biokimia yang melibatkan oksigen. Bahan baku utama pembuatan pupuk kompos aerob adalah sisa tanaman, kotoran hewan atau campuran keduanya. Proses pembuatannya memakan waktu 40-50 hari, untuk lebih jelasnya silahkan baca cara membuat kompos. Lamanya waktu dekomposisi tergantung dari jenis dekomposer dan bahan baku pupuk.

2. Pupuk bokashi

Pupuk bokashi merupakan salah satu tipe pupuk kompos anaerob yang paling terkenal. Ciri khas pupuk bokashi terletak pada jenis inokulan yang digunakan sebagai starter-nya, yaitu efektif mikroorganisme (EM4) .

Inokulan ini terdiri dari campuran berbagai macam mikroorganisme pilihan yang bisa mendekomposisi bahan organik dengan cepat dan efektif. Untuk mengetahui cara membuatnya, silahkan baca artikel cara membuat pupuk bokashi.

3. Vermikompos

Vermikompos merupakan salah satu produk kompos yang memanfaatkan makroorganisme sebagai pengurai. Makroorganisme yang digunakan adalah cacing tanah dari jenis Lumbricus atau jenis lainnya. Vermikompos dibuat dengan cara memberikan bahan organik sebagai pakan kepada cacing tanah.

Kotoran yang dihasilkan cacing tanah inilah yang dinamakan vermikompos. Jenis organisme lain yang bisa digunakan untuk membuat kompos adalah belatung (maggot black soldier fly).

4. Pupuk organik cair

Pupuk organik cair merupakan pupuk kompos yang dibuat dengan cara pengomposan basah. Prosesnya bisa berlangsung aerob ataupun anaerob. Pupuk organik cair dibuat karena lebih mudah diserap oleh tanaman. Dari beberapa praktek, pupuk organik cair lebih efektif diberikan pada daun dibanding pada akar (kecuali pada sistem hidroponik).

Penyemprotan pupuk organik cair pada daun harus menggunakan takaran atau dosis yang tepat. Pemberian dosis yang berlebihan akan menyebabkan kelayuan daun dengan cepat.
Dari empat jenis pupuk kompos yang telah saya dijelaskan di atas tentu sudah ada gambaran bagi anda kira-kira manfaat dari pupuk kompos itu apa saja.

yang pasti pupuk kompos ini bermanfaat untuk peningkatan tanah lahan tanaman anda. karena pada dasarnya kompos lebih fokus ke pada perbaikan tanah yang rusak akibat pupuk kimia serta peningkatan kesuburannya. Dengan semakin suburnya tanah yang dimiliki tanaman tersebut di harapkan hasil dari tanaman itu juga meningkat.

Dan biasanya kompos di berikan kepada tanaman padi, kacang-kacang juga tanaman sawit. Karena sawit membutuhkan tanah yang subur untuk membantu pertumbuhannya secara optimal. Berikut beberapa manfaat dari pupuk kompos untuk peningkatan kesuburan tanah tanaman anda sebagai berikut.

Manfaat Kompos Untuk Tanah Tanaman

1. Kompos Menyediakan Unsur Hara Bagi Tanaman

Setiap tanaman membutuhkan makanan untuk kelangsungan hidupnya. Tanah yang baik mempunyai unsur hara yang dapat mencukupi kebutuhan tanaman. Berdasarkan jumlah yang dibutuhkan tanaman, unsur hara yang dibutuhkan tanaman dibagi menjadi tiga golongan.

yang pertama unsur hara makro primer, yaitu unsur hara yang dibutuhkan dalam jumlah banyak seperti nitrogen, fosfor, dan kalium, Selanjutnya unsur hara makro sekunder sedang, yaitu unsur hara yang dibutuhkan dalam jumlah kecil, seperti sulfur/belerang, Kalsium, dan magnesium. dan yang terakhir adalah unsur hara mikro yaitu unsur hara yang dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit, seperti besi, tembaga, seng, klor, dan lain-lain.

2. Kompos Dapat Memperbaiki Struktur Tanah

Struktur tanah merupakan gumpalan kecil dari butir-butir tanah. Stuktur gumpalan terjadi karena butir-butir debu, pasir, dan liat terikat satu sama lain oleh suatu perekat, seperti bahan organik atau oksida besi. tanah tergolong buruk apabila butir-butir tanah tidak melekat, misalnya tanah pasir, atau saling merekat erat sangat teguh (Tanah liat), tanah yang baik adalah tanah yang remah atau granuler.

tanah seperti ini mempunyai tata ruang udara yang baik sehingga aliran udara dan air dapat masuk dengan baik. Kompos merupkan perekat pada butir-butir tanah dan mampu menjadi penyeimbang tingkat kerekatan tanah. selain itu kehadiran kompos bagi tanaman menjadi daya tarik bagi mikroorganisme untuk melakukan aktifitas pada tanah.

dengan demikian tanah yang semula keras atau teguh dan sulit ditembus air maupun udara kini menjadi gembur kembali karena aktivitas mikroorganisme. Struktur tanah yang gembur seperti ini sangat baik bagi tanaman.

3. Kompos Meningkatkan Kemampuan Tanah Untuk Menahan Air

Suatu bagian yang tidak terisi bahan padat pada tanah dinamakan pori-pori. Bagian yang tidak berisi ini akan diisi oleh air dan udara. pori-pori dibedakan menjadi dua, yaitu pori-pori halus dan pori-pori kasar, pori-pori kasar berisi air gravitasi atau udara. Pori-pori kasar ini sulit menahan air karena gaya gravitasi, sehingga air hanya merembes masuk dan lewat begitu saja.

Contohnya adalah tanah pasir. tanah yang bercampur dengan bahan organik seperti kompos mempunyai pori-pori dengan rekat yang lebih baik, sehingga mampu mengikat dan menahan ketersediaan air di dalam tanah.

Alasan Memilih Pupuk Kompos Dari Kami

jual pupuk kompos di jogja (2)

Ada beberapa alasan yang bisa jadi pertimbangan bagi anda sekaligus referensi terkait pupuk kompas yang kami tawarkan. Kami menyediakan berbagai macam jenis kompas sehingga anda bisa memilih pupuk yang cocok untuk jenis tanah tanaman anda.

kemudian kami menyediakan pupuk organik yang berkuliatas tinggi karena dibuat langsung oleh ahlinya menggunakan teknologi yang janggih. Dan sebelum pembuatan biasnya kami terlebih dahulu melakukan pengujian ke laboratorium terkait potensi apa, serta manfaat apa yang akan di hasilkan produk tersbut.

Bagi anda yang masih bigung cara mendapatkan pupuk organik terbaik dengan kualitas tinggi, maka kami mungkin solusi terbaiknya.
Untuk pemesana dan info selengkapnya silahkan hubungi kontak kami di bawah ini .
No tlpn : 0819-2939-2929

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *