Distributor Pupuk Kelapa Sawit Murah

Distributor Pupuk Kelapa Sawit Murah

Distributor kelapa sawit adalah penyedia suplay semua bentuk pupuk. Baik pupuk kimia maupun pupuk organik. Usaha ini kami rintis berawal dari keluhan masyarakat terhadap pupuk yang sulit untuk di cari serta harganya yang tinggi sehingga untuk kalangan bawah tinggi bisa menjaungkau harganya.

Dengan usaha ini kami berharap bisa membanu mengatasi masalah tersebut dan berharap semua jenis yang kami jual bisa di manfaatkan semua kalangan tidak hanya petani kalangan kelas atas saja namun petani yang paling miskin sekalipun bisa merasakannya.

Dalam artikel ini saya akan menjelaskan mengenai manfaat pupuk, jenis pupuk dan sebagainya. Untuk itu silahkan fahami secara seksama.

Pengertian Pupuk

distributor pupuk sawit murah

Pupuk adalah salah satu obat-obatan tanaman yang berfungsi untuk meningkatkan hasil panen maupun keseburan tanah. Maka tak jarang jika banyak di antara petani yang menggunakan pupuk untuk merawat dan membantu pertumbuhan tanamannya.

Namun tidak semua pupuk itu bagus untuk semua jenis tanaman. Tergantung jenis tanamannya. Jika tanamannya kacang-kacangnya maka ada pupuk khusus untuk kacang. Atau tanaman padi ada pupuk khusus untuk tanaman padi.

Maka ketika kita salah memberikan pupuk yang bukan pada jenisnya bukannya akan membantu pertumbuhannya melainkan mempercepat kematian tanaman tersebut. Berikut ini jenis-jenis pupuk serta tanaman yang cocok untuk tanaman tersebut.

Jenis-Jenis Pupuk

Pupuk dapat dibedakan berdasar bentuk fisik, kandungannya dan berdasar sumber bahan pupuk. berdasar bentuk fisik pupuk dapat dibedakan menjadi pupuk padat dan pupuk cair. Pupuk padat yaitu pupuk yang memiliki bentuk fisik padatan.

Pupuk pada dibedakan lagi menjadi onggokan, remahan, butiran, dan kristal. Sedangkan pupuk cair merupakan pupuk yang memiliki bentuk konsentrat atau cairan. Pupuk padat biasanya diberikan ke tanah dengan cara dibenamkan dan pupuk cair diberikan dengan cara disemprot langsung ke tanaman.

pupuk berdasarkan kandungannya dibedakan ke dalam pupuk tunggal dan pupuk majemuk. Perbedaan kedua jenis pupuk ini yaitu pada unsur yang ada di dalamnya. Untuk pupuk tunggal memiliki kandungan sebanyak satu unsur saja. Sebaliknya pupuk majemuk setidaknya mengandung dua unsur yang terdapat di dalamnya.

Namun secara umum jika sesorang berpikiran tentang jenis pupuk maka akan terlintas pupuk organik dan pupuk non organik. Ini adalah pengelompokan jenis pupuk berdasar sumber bahannya.

 A. Pupuk norganik (Pupuk Kimia)

Pupuk anorganik dapat memberi nutrisi yang dapat langsung terlarut ke dalam tanah. Sehingga siap diserap tumbuhan tanpa adanya proses pelapukan. Berbeda dengan pupuk organik yang melepaskan nutrisi ke tanaman melalui proses pelapukan dalam waktu yang lama.

unsur utama pada pupuk anorganik yaitu NPK (Nitrogen, Phospor, dan Kalium). Biasanya pupuk anorganik dibuat dalam skala pabrik dengan konsentrasi kandungan NPK tertentu. Konsentrasi kandungan NPK dalam pupuk dapat dilihat dalam kemasan.

Kandungan NPK pada pupuk anorganik siap utnuk diserap tanaman mencapai 64%. Ini tentu sangat tinggi dibandingkan pupuk organik. Pupuk organik dapat menyediakan nutrisi NPK di bawah 1% dari berat pupuk yang diberikan. Sehingga pupuk organik yang diberikan pada tanaman dalam jumlah lebih banyak.

1. Proses Pembuatan Pupuk Nitrogen

Pembuatan pupuk nitrogen yaitu menggunakan proses Haber. Proses Haber ditemukan pada tahun 1915. Proses Haber menggunakan gas alam sebagai sumber hidrogen dan nitrogen. Gas alam tersebut diambil dari udara pada temperatur dan tekanan tinggi dengan bantuan katalis sehingga menghasilkan amonia.

2. Proses Pembuatan Pupuk Fosfat

Pembuatan pupuk phosfat adalah dengan proses Odda. Proses ini juga disebut dengan nitrofosfat. Prosesnya yaitu dengan melarutkan batuan yang mengandung kadar fosfor hingga 20% dilarutkan ke dalam asam nitrat.

Selanjutnya akan menghasilkan asam fosfat dan kalsium nitrat. Bebatuan fosfat ini dapat juga diproses menjadi P2O5 dengan bantuan asam sulfat. Di dalam tungku listrik, mineral fosfat dapat direduksi menjadi fosfat murni, namun kelemahannya yaitu membutuhkan biaya yang sangat mahal.

3. Proses Pembuatan Pupuk Kalium

Bahan pupuk kalium dapat berasal dari batuan yang mengandung kalium maupun dari dasar laut. Batuan yang mengandung kalium biasanya dalam bentuk kalium klorida. Dalam batuan tersebut tidak hanya mengandung kalium klorida namun juga mengandung mineral natrium klorida.

Bebatuan dengan kandungan kalium ditambang dengan bantuan air panas kemudian larutan ini diuapkan dengan bantuan sinar matahari. Kemudian senyawa amina digunakan dalam memisahkan KCl dengan NaCl.

2. Pupuk organik

Pupuk organik adalah hasil penguraian (dekomposisi) bahan-bahan organik yang dirombak oleh mikroba. Hasil akhi dari perombakan ini akan menyediakan unsur hara bagi tanaman sehingga dapat melakukan pertumbuhan dan perkembangan. Pupuk organik memiliki arti penting bagi tanah. Pupuk organik berperan sebagai penyangga sifat fisik, kimia, dan biologi tanah.

Hal ini dapat meningkatkan efisiensi pupuk dan produktivitas lahan. pupuk organik yang diberikan dengan dosis yang tepat dapat memperbaiki kualitas tanah dan ketersediaan air yang optimal. Kondisi yang seperti ini akan memperlancar serapan hara tanaman dan merangsang pertumbuhan akar.

Pupuk kandang yang berasal dari kotoran sapi merupakan pupuk padat yang banyak mengandung air. Pupuk ini digolongkan sebagai pupuk dingin. Pupuk dingin merupakan pupuk yang terbentuk karena proses penguraian oleh mikroorganisme berlangsung secara

Jenis Pupuk Organik

ditributor pupuk sawit murah
1. Pupuk Kandang

Pupuk kandang adalah pupuk yang berasal dari kotoran, air kencing, amparan dan sisa pakan. Komposisi amparan mempengaruhi mutu dan harga pupuk kandang unggas, sebab makin banyak amparan mengakibatkan bahan padatan pada kotoran unggas semakin sedikit.

pupuk kandang unggas lebih disarankan untuk tanaman berumur pendek, hal ini dikarenakan kotoran ungas lebih cepat bereaksi dan juga cepat habis. Sedangkan pupuk kandang ternak ruminansia atau sapi lebih disarankan untuk tanaman berumur panjang. Alasannya yaitu walau reaksinya lambat namun mampu bertahan lebih lama.

Pupuk kandang baik diberikan untuk tanaman sayur-sayuran dan buah-buahan. Pupuk kandangdapat digunakan dalam usahatani yang intensif. Manfaat pupuk kandang memiliki jumlah besar untuk bahan organik yang mudah lapuk dan kemudian masuk dalam tanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *