Cara Merawat Kelapa Sawit Dengan Biaya Murah

Cara Merawat Kelapa Sawit Dengan Biaya Murah

Cara Merawat Kelapa Sawit Dengan Biaya Murah – Pohon yang bagus adalah pohon yang pertumbuhannya subuh sehingga menghasilkan banyak buah. Nah yang menjadi pertanyaannya adalah bagaimana cara merawat pohon kelapa sawit yang bagus sehingga bisa menghasilkan banyak buah tanpa banyak biaya?

cara merawat kelapa sawit dengan biaya murah

Hal ini yang sering ditanyakan oleh pelaku tanaman sawit pada umunya. Pasalnya banyak yang mengatakan bahwa untuk merawat kelapa sawit harus mengeluarkan banyak modal, sehingga banyak orang yang akhirnya berpikir ribuan kali untuk terjun dalam usaha perkebunan kelapa sawit.

Dalam artikel ini saya akan berbagi pengalaman kepada anda semua tentang bagaimana cara memelihara pohon kelapa sawit anda sehingga bisa tetap berbuah banyak. Faktanya tingkat produktivitas tanaman kelapa sawit berbanding lurus dengan bentuk pemeliharaannya.

Apabila pohon kelapa sawit dipelihara dengan benar, maka pohon sawit tersebut akan tumbuh dengar subur dan menghasilkan banyak buah berkualitas. Ingat, tidak hanya hanya banyak buah saja namun juga berkualitas.

Permasalahan yang sering juga didapati dipasaran adalah kualitas buah sawit yang buruk, sehingga timbangannya lebih ringan dan hasilnya yang diberikan buah tersebut kurang bagus. minyak goreng misalnya. Minyak goreng kualitas tertinggi itu berasal dari buah kelapa sawit yang paling berkualitas, sedangkan buah yang kurang baik hanya akan jadi sampah saja.

maka dari itu perawatan untuk pohon kelapa sawit anda sangat di perlukan. Apakah saat ini anda masih bingung caranya? Jika iya’ silahkan fahami tips yang akan saya jelaskan di bawah ini sebagai berikut.

1. Penyesuaian Metode Dan Lingkungan

Metode pemeliharan kelapa sawit harus disesuaikan dengan lingkungannya. Mungkin saja bentuk perawatan pohon sawit di suatu daerah berbeda dengan daerah lainnya. Contoh sederhana, tanaman yang dipelihara dilahan gambut membutuhkan unsur hara mikro dalam jumlah yang melimpah serta memerlukan sistem draines yang baik untuk mencukupi kebutuhan airnya.

Jika dibandingkan dengan kelapa sawit yang ditanam di tanah lahan mineral yang tidak terlalu membutuhkan air dan mineral cu dan fe.

2. Pengendalian Gulma Secara Intensif

Gulma adalah tanaman penggangu yang tumbuh di area sekitar lahan kelapa sawit. Adanya gulma akan mengurangi unsur hara yang tersimpan di dalam tanah yang notabene sangat dibutuhkan oleh pohon kelapa sawit untuk membantu pertumbuhannya. Dan biasanya gulma yang paling berbahaya bagi pohon kelapa sawit adalah seperti pohon bambu, pisang dan dan lain-lain.

Bambu sendiri menghisap banyak air untuk pertumbuhannya. sehingga ketika bambu tumbuh di sekitar pohon kelapa sawit anda secepatnya anda harus menghilangkannya karena akan sangat menggangu pertumbuhan pohon sawit anda.

3. Pemberantasan Hama Dan Penyakit

Banyak sekali hama dan penyakit lainnya yang sering ditemukan siap menyerang tanaman sawit anda. biasanya hama-hama ini menyerang hampir seluruh pohon kelapa sawit mulai dari akar, pohon, pelepah , daun, hingga kebuahnya sehingga mengakibatkan pertumbuhan yang tidak normal yang buah yang sedikit.

Dan yang lebih intensif lagi untuk diperhatikan adalah tanaman yang masih berusia muda. Biasanya tanaman ini lebih kerap di ganggu oleh hama dan penyakit lainnya. Hal ini sering terjadi sehingga baru beberapa bulan saja sejak penanaman sudah banyak tanaman yang mati. Pemberantasan yang tepat terhadap hama dan penyakit lainnya sejak dini mampu mempertahankan produktivitas pohon sawit yang anda pelihara.

4. Pemupukan yang Teratur Serta Dosis yang Tepat

cara merawat kelapa sawit dengan biaya murah (2)

Pemupukan yang teratur dan memilih dosis yang tepat mampu membantu peningkatan produktivitas kelapa sawit anda. karena tidak semua jenis pupuk cocok dengan sawit anda serta dosis yang hasrus di tentukan. Dosis untuk pohon yang sudah tua berbeda dengan pohon sawit yang baru beberapa tahun.

Untuk jadwal pemupukan lakukan minimal 1 kali dalam 3 bulan. Dengan dosis yang seimbang. Di 3 bulan selanjutkan lakukan pemupukan dan tingkatkan volume dosisnya.
Fakta yang kerap kali menjadi kesulitan masyarakan pelaku kebun kelapa sawit adalah menemukan pupuk yang bagus serta harga yang terjangkau.

Jika hal ini pernah anda alami atau sedang mengalami. Kami akan membantu anda memberikan solusi atas permasalahan anda di atas.
Untuk pemesanan pupuk berkualitas tinggi serta konsultasi sekilas mengenai pupuk silahkan hubungi kontak kami di bawah ini.

===tlp 0819-2939-2929

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *