Cara Menggunakan Pupuk Organik Padat

Cara Menggunakan Pupuk Organik Padat

Cara menggunakan pupuk organik padat – Pupuk organik adalah pupuk yang tersusun dari pelapukan sisa sisa tanaman , hewan dan manusia .
Pupuk ini sangat diminati oleh pasar karena kualitas nya yang baik dan terjamin saat menggunakannya.

ADA DUA BENTUK PUPUK ORGANIK

cara menggunakan pupuk organik padat

 

Pupuk organik memiliki dua macam bentuk yaitu pupuk organik padat dan cair , kali ini saya akan membahas bagaimana cara menggunakan pupuk organik padat yang dapat anda lakukan pada tanaman anda . Sebelum itu , alangkah baiknya kita mengetahui fungsi dari pupuk organik .

FUNGSI PUPUK ORGANIK

Pupuk organik menjadi penyedia unsur hara bagi tanaman supaya tanaman bisa tumbuh cepat , beberapa dari fungsi pupuk organik :

• Sebagai sumber penyedia unsur hara yang lengkap
• Memperbaiki struktur dan tingkat kesuburan tanah
• Meningkatkan interaksi antar ion di dalam tanah
• Meningkatkan kemampuan daya simpan air pada tanah
• Mengaktifkan ekosistem biota tanah dan menambahakann mikroba
mikroba yang berpengaruh dalam penguraian bahan organik menjadi hara
Itulah beberapa fungdi dari pupuk organik padat , lalu kita akan membahas bagaimana caranya menggunakan pupuk organik padat .

PENGGUNAAN PUPUK ORGANIK PADAT

Ada beberapa penggunaan pupuk organik padat yang dapat andda lakukan pada tanaman anda .namun dalam menggunakan pupuk organik ini perlu menyesuaikan jenis tanaman, tekstur tanah , dan kondisi lingkungan sekitar .

Pupuk organik padat dapat diaplikasikan dengan berdasarkan takaran atau dosis, waktu dan cara penggunaannya.

JENIS JENIS PUPUK ORGANIK PADAT

Pupuk organik padat jenis serbuk
cara penggunaannya bisa dilakukan dengan cara menaburkannya di permukaan tanahn bisa juga dicampur dengan media tanam lainnya,ditanam di sepanjang atau di sekeliling tanaman .

Pupuk organik padat jenis butiran dan palet
Penggunaannya dengan cara disebar ,ditanam disekeliling tanaman dan dimasukkan ke dalam lubang aerasi.

Pupuk organik padat jenis Tablet
Penggunaan pupuk jenis ini bisa dilakukan dengan cara yang sama seperti kedua cara diatas yaitu dengan cara ditanam disekeliling tanaman atau disamping tanaman .

Baca Juga : Cara budidaya Udang Windu

CARA MENGGUNAKAN PUPUK ORGANIK PADAT

Proses pemanenan dan pengolahan tanah sering menyebabkan hilangnya unsur hara pada tanah , lalu dalam mengatasi hal ini diperlukan pemupukan dengan menggunakan pupuk organik padat pada setiap awal masa tanamnya

Dengan banyak nya ketersediaan pupuk organik padat , dapat memudahkan petani untuk mendapatkan hasil yang terbaik damn maksimal pada tanamannya . namun penggunaan pupuk organik padat ini kurang efektif .

Penggunaan pupuk ini membutuhkan tenaga kerja yang besar, karena tiap hektarnya membutuhkan 10 – 20 ton banyaknya. Maka dari itulah penggunaan pupuk organik disesuaikan dengan tanah yang digemburkan.

Untuk pupuk organik bentuk serbuk sangat efektif digunakan pada jenis tanaman yang memiliki masa panen (40 – 80 hari masa tanam ), penggunaan pupuk ini biasanya digunakann pada jenis sayur – sayuran

sedangkan dalam bentuk tablet biasa digunakan pada tanaman dengan umur atau masa panen tahunan ,seperti tanaman sawit yang termasuk tanaman perkebunan dan kehutanan.

Jadi intinya , penggunaan pupuk organik padat dapat lebih efektif jika memperhatikan jenis tanaman dan masa panen yang akan anda lakukan. Selain itu, jenis tanah yang terdapat pada wilayah tanam dan bisa di sesuaikan dengan takaran pupuk yang akan di sarankan

anda bisa mengetahui lebih lanjutdan dapat menggalih informasi di TOKO PUPUK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *