Cara Mengatasi Kelapa Sawit Yang Tidak Berbuah

Cara Mengatasi Kelapa Sawit Yang Tidak Berbuah

Cara Mengatasi Kelapa Sawit Yang Tidak Berbuah Budidaya kelapa sawit akhir-akhir ini banyak dilakukan oleh orang-orang yang khususnya punya lahan luas. Dibuktikan dengan banyaknya PT kelapa sawit yang saat ini menjadi perbincangan semua orang, medan sumatera utara misalnya termasuk provinsi dengan kawasan kelapa sawit terluas di indonesia sesudah pulau kalimantan.

Solusi Untuk Masalah Kelapa Sawit Anda

cara mengatasi kelapa swit yang tidak berbuah

Rata-rata mata pencaharian terbesar masyarakat sumatera adalah kebun kelapa sawit dan karet. 70% dari masyarakat sumatera pelaku kebun kelapa sawit khususnya bagian kabupaten palas, paluta, simangambat dan sekitarnya. Kebun kelapa sawit menjadi mata pencaharian tersebar masyarakat di daerah tersebut.

Meski demikian ada hal yang menjadi masalah besar yang di alami masyakarat sekitar salah satunya masalah pohon kelapa yang kerap tidak berbuah.
Sekedar menanam pohon kelapa sawit mungkin bagi rata-rata masyarakat pelaku kebun kelapa sawit bukanlah hal yang sulit.

Faktanya banyak masyakat awam yang bisa membuka lahan luas serta menanaminya. Namun tidak sedikit dari masyarakat yang tidak bisa menikmati hasil panen kelapa sawit meraka hal ini terjadi karena pohon kelapa yang tidak berbuah. Atau berbuahpun hanya sebahagiaannya saja sehingga tidak mendapatkan hasil yang maksimal.

Contoh sederhana, lahan seluas satu hektar dengan jumlah 200 pohon kelapa sawit normalnya bisa menghasilkan 500kg-700kg per sekali panen. Dan panen untuk kelapa sawit biasanya bisa dilakukan dua kali sebulan. Berangkat dari masalah tersebut dalam tulisan ini saya akan menjalaskan beberapa tips mengatasi pohon kelapa yang tidak berbuah sebagai berikut.

1. Bersihkan Lahan Sawit Dari Gulma

Tahukah anda bahwa salah satu yang membuat sawit anda sulit untuk menghasilkan buah adalah gangguan dari gulma dan rumput liar yang tumbuh di sekitaran pohon sawit anda. semakin banyak gulma yang menggerogoti pohon kelapa sawit anda maka semakin sulit pula ia untuk tumbuh dan berkembang.

Sedangkan untuk menghasilkan buah yang banyak pohon sawit butuh pertumbuhan yang subur. Maka solusi pertama adalah bersihkan seluruh gulma yang ada di sekitar pohon kelapa sawit anda.

2. Suplai Sawit Dengan Nutrisi Dan Pupuk

Nutrisi dan pupuk adalah faktor yang mempengaruhi kesuburan tanah, selain itu pupuk juga memiliki peran penting dalam memproduksi buah. Tanah yang kering biasanya lebih membutuhkan banyak nutrisi dan pupuk untuk membantu pertumbuhannya. Jika dibandingkan dengan sawit yang di tanam di lahan yang dekat dengan perairan kebutuhan pupuknya relatif sedikit.

Jika lahan sawit anda termasuk yang jauh dari perairan sudah selayaknya anda memperhatikan pemberian pupuknya. Lakukanlah pemupukan secara teratur sesuai standar kebutuhan tanah. Karena jika berlebihan jika tidak banyak untuk tanah serta pertumbuhan pohonnya. Efek dari pupuk yang berlebihan bisa mengakibatkan tanah yang mudah longsor, daun kelapa sawit cenderung ke kuning-kuningan.

3. Lakukan Pemangkasan Secara rutin

Pemangkasan daun kelapa sawit juga termasuk hal yang harus diperhatikan untuk membantu sawit anda bisa berbuah. Karena semakin lebat daun kelapa sawit samakin banyak pula nutrisi yang dibutuhkan oleh daun sehingga nutrisi yang seharusnya untuk pohon beralih kedaun. Maka solusinya anda harus rutin melakukan pemangkasan atau menunas kembali.

4. Bantu Proses Penyerbukan

cara mengatasi kelapa sawit yang tidak berbuah

Jika selama ini pohon sawit anda tidak pernah berbuah bisa jadi ini penyebabnya yaitu penyerbukan yang tidak sempurna. Tidak berbuah dalam artian bukan karena pohonnya jantan. Penyerbukan terjadi karena hembusan angin, perantara kumbang dan lain-lain.

Namun jika hal ini belum menghasilkan maka anda bisa melakukan penyerbukan buatan. Ini beberapa tips yang bisa anda coba agar kelapa sawit anda bisa berbuah sebagaimana sawit pada umumnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *