Cara Menanam Sayuran Sendiri Di Rumah

Cara Menanam Sayuran Sendiri Di Rumah

Cara menanam sayuran sendiri di rumah – Sayuran adalah sumber serat vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh dan kesehatan diri manusia. Indonesia sendiri adalah negara tropis yang sangat cocok untuk bercocok tanam, sehingga ada sangat banyak sayuran – sayuran berkhasiat tinggi yang dapat ditemukan di negara Indonesia ini.

Manfaat Makan Sayuran Untuk Kesehatan Diri Manusia

cara menanam sayuran sendiri di rumah d

1. Dengan makan sayuran dapat meningkatkan masalah penglihatan dan mengobati masalah kulit

2. Dengan makan sayuran dapat menjaga dan mengontrol kadar gula darah pada tubuh.

3. Dengan makan sayuran dapat membantu mendinginkan syaraf dan otot yang tegang.

4. Dengan makan sayur dapat membantu meningkatkan zat besi dan kalsium pada tubuh

5. Dan dengan makan sayur akan sangat membantu untuk diet.

Sebenarnya ada sangat banyak sekali manfaat dari sayuran, namun itu akan kita bahas dilain waktu.

Manfaat Menanam Sayuran Sendiri Di Rumah

Dengan menanam sayuran sendiri dirumah, maka kamu dapat menanam sayuran apapun yang ingin ditanam dan bebas mengonsumsi sayuran apapun yang kamu inginkan.

Selain itu, sayuran yang ditanam sendiri juga dapat kamu pastikan kesehatan dan kualitasnya. Ini dikarenakan jika kamu menanam sendiri, pastinya kamu tidak akan menggunakan pupuk kimia atau pembasmi hama kimia dengan berlebihan bukan ?

Dengan menanam sayuran sendiri juga dapat membuatmu lebih irit, karena jika menanam sendiri di rumah kamu tidak perlu membeli sayur ke pasar atau ke supermarket. Lalu bagaimaan jika tidak ada lahan atau tempat untuk menanam sayurannya ?

Jangan khawatir, jika kamu tidak mempunyai tempat yang luas untuk menanam sayuran, kamu dapat menggunakan polybag,pipa PVC, talang air, atau bahkan menggunakan botol air mineral untuk tempat menanamnya.

Cara Menanam Sayuran Sendiri DI Rumah

cara menanam sayuran sendiri di rumah

Ketika ingin bercocok tanam, ada beberapa cara menanam sayuran di rumah yang harus dilakukan agar tanaman dapat tumbuh dengan baik dan sehat.

Diantaranya adalah :

1. Menentukan Jenis Sayuran Yang Akan Di Tanam

Sebelum mulai menanam, kamu harus menentukan sayuran apa saja yang akan di tanam. Ada beberapa daftar sayuran yang sering ditanam sendiri oleh orang – orang, diantaranya adalah tomat, seledri, cabe, bawang bombay dan daun pandan.

2. Siapkan Media Tanam

Jika menggunakan polybag sebagai media tanam, maka kamu dapat memasukan tanah yang telah dicampur dengan kompos kedalam kantong polybag yang sudah dilubangi bagian pinggir – pinggirnya. Keuntungan menggunakan kantong polybag ini adalah kamu dapat menemukannya dimana – mana dengan mudah. Sehingga tidak perlu repot untuk mencarinya.

3. Mulai Menanam Sayuran

Setelah masa persamaian selesai, maka sayuran telah siap untuk dipindahkan ke polybag. Pindahkan sayuran kedalam polybag dengan hati – hati, dan siramlah sayuran untuk pertama kalinya agar tanaman tidak layu dan mati.

4. Proses Perawatan Sayuran

Lakukanlah penyiraman dan pemupukan secara teratur. Jangan berlebihan dan jangan juga kurang. Untuk memupuk, dapat menggunakan pupuk Nasa yang kami jualkan, yang mana telah teruji khasiatnya untuk pertumbuhan sayuran.

5. Pencegahan Hama Pada Sayuran

lakukanlah pengecekan rutin sehingga sayuran yang ditanam dapat terhindar dari hama dan penyakit – penyakit yang biasanya menyerang sayuran, seperti ulat, kumbang, dan hama – hama lainnya.

Itulah beberapa cara menanam sayuran sendiri di rumah dengan mudah dan benar. Apakah kamu akan langsung mencobanya ?

Dengan menanam sayur maka kamu akan memanen manfaat dari pada sayur itu sendiri.

Penasaran dengan artikel lain kami ? klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *