Cara Menanam Kentang Yang Baik

Cara Menanam Kentang Yang Baik

Cara menanam kentang yang baik – Kentang merupakan salah satu makanan berkarbohidrat tinggi yang sangat sering dikonsumsi oleh orang – orang di Indonesia. Kentang sendiri memiliki beberapa jenis warna yang berbeda, yaitu kentang merah, kentang putih, dan kentang kuning.

Manfaat Tanaman Kentang Untuk Kesehatan

cara menanam kentang yang baik

Kentang mempunyai sangat banyak manfaat untuk diri manusia, salah satu diantaranya ialah kentang dapat membantu proses dalam diet. Langsung saja berikut ini manfaat kentang untuk kesehatan :

1. Kentang Dapat mencegah Penyait Jantung

Kentang adalah makanan yang tidak mengandung kolestrol didalamnya. Sehingga sangat bagus jika dimakan dengan cara di rebus dan tanpa digoreng.

2. Kentang Dapat Mengatur Tekanan Dalam Darah

Tanaman kentang sangat kaya akan kandungan asam klorogenat dan anthocyanin yang mana dapat berfungsi untuk menurunkan tekanan dalam darah.

3. Kentang Dapat Membantu Proses Pencernaan

Kentang memiliki kadar serat yang tinggi sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan. Selain itu kentang juga dapat membantu dalam penyembuhan penyakit diare.

4. Kentang Dapat Mencegah Insomnia

Kandungan triptofan dalam kentang dapat menjadi obat alami untuk membuat orang tidur dengan nyeyak. Kandungan triptofan ini dapat membantu kamu untuk rileks dengan cara menenangkan syaraf – syaraf yang kamu miliki.

5. Kentang Dapat Meningkatkan Kesehatan Otak

Kentang memiliki kandungan asam alpha lipoic yang memiliki efek menguntungkan untuk pasien Alzheimer.

Cara Menanam Kentang Yang Baik

cara menanam kentang yang baik d

Kentang adalah tanaman umbi – umbi-an yang sangat sering dijumpai di Indonesia. Untuk menghasilkan tanaman kentang yang baik dan berkualitas, maka tentunya tidak akan terlepas dari proses penanaman yang baik. Berikut ini urutan cara menanam kentang yang baik :

1. Siapkan Benih Kentang

Untuk menanam kentang, benih sangatlah penting untuk menentukan hasil tanamannya. Benih yang berkualitas pastinya akan menumbuhkan kentang yang berkualitas pula, dan tentunya juga sebaliknya.

2. Siapkan Tempat Untuk Menanam Kentang

– Kentang harus ditana ditanah yang gembur, caranya ialah dengan mencangkul tanah dan diamkan selama 3-4 hari.

– Campurkan pupuk kompos pada tanah yang telah didiamkan setelah 3-4 hari dan cangkul sampai merata. Kemudian diamkan lagi sekitar satu minggu, untuk menambah kesuburan kentang dapat ditambahkan pupuk Nasa pada tanah. Pupuk Nasa ini sangatlah membantu untuk pertumbuhan dan kesuburan kentang.

– Buatlah gundukan memanjang pada tanah dengan tinggi sekitar 30 cm dan lebar sekitar 70 cm. dan pisahkan gundukan satu dengan gundukan yang lain selebar 45 cm, dengan tujuan agar ada ruang dan agar air tidak menggenang.

– Buatkan lubang pada gundukan dengan dalam sekitar 10 cm, dan pisahkan antar lubang dengan jarak selebar 25 cm.

3. Tanam Kentang

Setelah tahap diatas selesai dilakukan, masukan benih yang telah disiapkan kedalam lubang yang telah disiapkan dan tutup lubang tersebut dengan benar.

4. Proses Penyiraman

Setelah benih kentang ditanam, segeralah siram dengan air sampai tanah basah, gunakan air secukupnya, jangan sampai tanah menjadi tergenang oleh air. Penyiraman yang berlebih malah akan menghambat pertumbuhan kentang. Untuk penyiraman, lakukanlah setiap seminggu sekali.

5. Proses Perawatan

Perawatan adalah salah satu proses cara menanam kentang yang baik dan benar. Ketika tanaman sudah tumbuh dan memiliki tinggi sekitar 17 cm, tambahkan tanah pada gundukan tanaman setinggi 6 cm. Guna melakukan hal ini adalah agar umbi baru tidak terkena matahari.

Itulah cara menanam kentang yang baik dan benar menurut tokopupuk.net. Apakah kamu ingin mencobanya ?

Artikel terkait : Jual pupuk untuk kentang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *