Cara Budidaya Udang Vanname

Cara Budidaya Udang Vanname

Cara Budidaya Udang Vanname– Udang vanname adalah salah satu jenis udang introduksi yang sekarang ini sangat banyak diminati oleh pasar , karena memiliki banyak keunggulan yaitu seperti tahan dari penyakit tidak seperti udang padda umumnya dan pertumbuhannya yang cepat (masa pemeliharaan 1000-110 hari ).

Tetapi bagi para pembudidaya udang yang memiliki modal yang terbatas masih menganggap udang vanname ini hanya dapat dibudidayakan secara intensif dan itu tidak lah sepenuh nya benar , karena dari berbagai hasil kajian menunjukkan bahwa udang vanname juga dapat di produksi dengan cara tradisional.

cara budidaya udang vanname

PERHATIKAN CARA BERIKUT

Bahkan dengan cara ini para petambak bisa menghasilkan panen yang lebih besar sehingga memengaruhi harga yang mahal. Lalu bagaimana cara budidayanya ? Sip , saya akan membantu anda dalam langkah-langkahnya yaitu :

• Persiapkan Tambak
Buang semua air yang ada di dalam tambak beserta ikan-ikannya juga , nah jika masih ada genangan yang tersisa harus anda pompa semua keluar , kemudian dikeringkan sampai tambak atau kolamnya terlihat retak-retak .

pengeringan ini berguna untuk membunuh bakteri patogen yang ada di peralatan tambak .

Berantas Semua Hama yang ada di dalam dengan sapion 15 – 20 ppm (7,5-10kg/ha) dengan tinggi air mencapai 5 cm.

Lakukan Pengapungan dan Pemupukan
Hal ini dilakukan guna menunjang perbaikan pada tanah dan juga air dengan cara pemberian kapur bakar 100kg/ha dan juga pemberian kapur pertanian sebanyak 320 kg/ha.

Kemudian masukkan air ke dalam tambak sehingga tambak terlihat macak macak , lalu lakukan pemupukan dengan pupuk urea ( 150 kg / ha ) dan pupuk kandang (200kg/ha )

mungkin untuk pemupukan ini bisa memakan biaya yang banyak , maka saya sarankan anda mengguakan pupuk mikroba NASA

• Lakukan Pengisian Air pada Tambak
lakuakan pengisisna air menyeluruh setelah persiapan tambak telah rampung , pengisian air dikakukan secara bertahap . lalu ketinggian air yang telah diisi tadi biarkan dalam tambak selama kurang lebih 3 minggu sampai kondisi air benar-benar siap diberi benur . Tinggi air tadi di petak

• Lakukan Penebaran Benur
Sebelum menebar benur lakuakan aklimitisassi terhadap suhu tambak dengan cara mengapungkan kantong-kantong yang berisi benur dan menyiramkannya secara perlahan lahan ke dalam tambak .

Selanjutanya kantong benur di miringkan dan perlahan-lahan benur vanname akan keluar dengan sendirinya. Hal ini di lakukan di saat siang hari .

• Lakukan pemeliharaan
Dalam tahap ini lakukan monitoring kualitas air , kedalaman air, suhu , pH dann linitas ,selain itu lakukan juga pemupukan , guna menjaga kestabilan plankton dalam tambak atau bisa disebut sebagai pakan dalam tambak .

Baca Juga : Cara agar udang cepat molting

Dalam tahap pemupukan tentunya memerlukan biaya pemupukan yang sangat besar. maka dari itu kami menyediakan pupuk mikroba NASA yang menggunakan biaya pemupukan yang kecil .

Cari jenis pupuk lainnya di Toko Pupuk

GUNAKAN PRODUK KAMI

Dengan menggunakan pupuk mikroba yang kami tawarkan kepada anda bisa menghemat 10 kali lipat biaya pemupukan dibandingkan dengan menggunakan pupuk lain , pupuk yang mengandung mikroba di dalamnya ini sangat berperan beesar dalam budidaya tambak anda.

Mikroba yang ada di dalam pupuk akan mempercepat proses pertumbuhan plankton dan menetralisir kanduangan kimia berbahaya yang ada di dalam tambak anda .

Info lebih lanjut mengenai produk silahakan hubungi kami

===> 081-929-392-929 WHATSAPP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *