Cara Budidaya Padi

Cara Budidaya Padi

CARA BUDIDAYA PADI AGAR HASIL BERLIMPAHMendalami dan mengetahui pemilihan dan kondisi budidaya yang baik akan menghasilkan panen yang berlimpah bukan?

Jangan sampai dengan keadaan potensial kita di bidang pertanian yang mendasar dan melimpah ruah ini mengalami penurunan dkarenakan hasil panen yang kerap kali kurang optimal. Jadi lakukanlah yang terbaik dengan mengetahui metode yang harus di pahami secara menyeluruh dan mendasar.

jika tidak pasti dampaknya akan mengalami pencitraan yang kurang baik bukan? Dengan begitu manfaatkanlah dengan sebaik mungkin, bidang pertanian kita agar mampu diakui dengan sumber produksi pangan nasional negara.Program peningkatan produksi beras nasional ( PPPBN ) yang mendelegasikan atau mencanangkan peningkatan produksi beras sebesar 5-6% dan hal ini bisa ditempuh dengan cara yaitu, perluasan areal penanaman dengan intensif.

Intensif pun bisa ditempuh dengan cara penerapan PTT ( pengelolaan Tanaman Terpadu ) yang di awali dengan pemilihan – pemilihan benih. Kebiasaan petani dengan komponen PTT itu dengan menggunakan varietas unggul baru atau varietas hibrida bisa disebut benih berkualitas dengan umur bibit yang muda.

Adapun tujuan penerapan PTT yaitu untuk meningkatkan pendapatan petani melalui penerapan teknology yang cocok untuk kondisi setempat untuk meningkatkan hasil gabah yang signifikan dengan mutu beras berkualitas dan kesenjangan lingkungan nya.

PEARAWATAN DAN PENJAGAAN

Cara Budidaya Padi

Salah satu upaya dalam menghasilkan panen yang berkulitas dan kuantitas adalah kesempurnaan dalam sebuah panen. Jadi sudah sangat pasti diperhatikan dalam segi perawatan dan penjagaan nya secara meyeluruh.

Cara menentukan waktu aplikas pupuk N dengan menggunakan BWD :

1. Cara nya adalah dengan waktu tetap, yaitu waktu pemupukan yang telah ditetapkan terlebih dulu berdasarkan tahap dan metode pertumbuhan tanaman, abtara lain seagai fase pada saat anakan aktif dalam pembentukan malai dan pada saat primordia.

2. Cara lain adalah dengan waktu pemberian pupuk berlandaskan nilai pembacaan BWD yang sebenarnya yaitu dengan penggunaan BWD yang dimulai ketika tanaman 14 HST, dan kemudian secara periode diulangi 7 – 11 hari sekali sampai bisa diketahui nilai kritis saat pupuk N harus dipakai.

Perawatan, penjagaan, dan pelestarian tanaman sangatlah penting dalam sebuah pelaksanaan budidaya padi di sawah. Dan perihal yang sering dilakukan olleh seorang petani adalah penyaringan atau bisa disebut : pengendalian mengatasi gulma.

Gulma adalah sejenis tanaman pengganggu yang hidup bersama tanaman yang dibudidayakan dan pada hakikatnya sangat lah merugikan tanaman padi. Disamping itu dapat menjadi inang dari beberapa hama dan juga penyebab timbulnya beberapa penyakit.

Gulma juga bagian dari hama, dan pesaing unsur hara air, bagian tempat dan sinar matahari. Dan gulam juga mempunyai sistem pengakaran yang sama dengan padi sehingga secara otomatis unsur makanan yang diperlukan oleh gulma dan padi berasal dari lapisan unsur tanah yang sama.

Dan untuk penyiangan gulma bisa dilakukan dengan beberapa tahap yaitu, dengan penyiangan yang dilakukan pada saat umur tanaman kurang lebih 15 – 17 hari dengan tahap pada saat umur tanaman berumur 30 -35 hari. Penyiangan dilakukan dengan cara mencabut gulma dan dimatikan tanpa menggunakan sebuah alat.

Benih yang bermutu sudah merupakan suatu hal komponen teknologi yang vital untuk meningkatkan produksi dan pendapatan usaha pertanian. Saat ini pun dapat kita peroleh berbagai varietas unggul dalam memiliki karakteristik yang sesuai dengan kondisi daerah dan permintaan pasar.

Salah satu metode yang cukup baik dimana benih direndam dalam larutan ZA 25 gr / liter air, dan kemudian benih yang mengapung harus segera dibuang. Dan juga benih yang tenggelam itulah benih yang cukup potensial untuk dibudidayakan.

Perawatan dan pemeliharaan tanaman sangat penting dalam pelaksanaan budidaya padi sawa. Perawatan dan juga pemeliharaan yang tepat sangatlah penting dalam pelaksanaan budiaya padi yang berlimpah dengan begitu kami menyarankan untuk memakai pupuk mikroba denga begitu hasil akan jauh lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *