Metode Pemupukan Tanaman Yang Tepat

Metode Pemupukan Tanaman Yang Tepat

Metode Pemupukan Tanaman yang Tepat – pemupukan merupakan hal penting dalam memenuhi kebutuhan tanaman, karena pemupukan akan menentukan proses keberhasilan dari sebuah tanaman. Hasil yang baik dapat dilakukan dengan metode yang baik dan tepat pula.

Metode pemupukan ini sangat penting kita ketahui untuk memenuhi kebutuhan tanaman secara efisien . dengan metode pemupukan yang tepat maka hasil yang kita inginkan dari tanaman akan memuaskan.

METODE PEMUPUKAN YANG TEPAT

metode pemupukan tanaman yang tepat

Ada dua metode pemupukan yang baik dan tepat yaitu dengan cara pemupukan melalui akar tanaman dan pemupukan mealui penyemprotan daun pada tanaman.Dengan menggunakan metode yang tepat maka akan membantu tanaman dalam pertumbuhan dan perkembangannya.

METODE PEMUPUKAN MELALUI AKAR

pemupukan ini adalah proses pemberian pupuk yang dilakukan dengan cara menaburkannya memberikannya melalui tanaman. Metode ini berguna untuk memerikan unsur hara terhadap tanah yang akan membuat tanaman bisa tumbuh subur dan menghasilkan kualitas yang memuaskan.

Metodeini dilakukan dengan cara memberikan pupuk memlalui akar dengan cara disebar , diletakkan diantara barisan tanaman , dan bisa juga ditempatkan ke dalam lubang. cara cara ini akan saya jelaskan sebagai berikut .

• METODE DENGAN CARA DISEBAR

Metode pemupukan dapat dilakukan dengan cara menyebarkan pupuk secara merata ke daerah sekitaran tanaman atau pada waktu pembajakan terakhir. metode ini biasanya dilakukan sehari sebelum memulai melakukan penanaman.

Pupuk yang telah disebar di sekitaran tanaman tadi kemudia diinjak injak agar pupuk tadi dapat masuk kedalam tanah.

Pemupukan ini biasanya dilakukan untuk memupuk tanaman kacang-kacangan ,dan pada padi yang mempunyai jarak menanam yang rapat. ada kerugian yang terdapat dalam metode ini yaiut dapat merangsang rumput peganggu tanaman disekitarnya .

Dengan menggunakan metode ini daya larut pada pupuk menjadi lebih besar sehingga dapat diserap oleh tanah dan sangat baik bagi tanaman.

• METODE DENGAN CARA DILETAKKAN ANTARA BARISAN

Metode pemupukan melalui akar juga dapat dilakukan dengan cara diletakkan antara barisan tanaman , biasanya ini dilakukan pada tanaman padi , lalu ditutup dengan tanah. Untuk tanaman yang masa panennya tahunan bisa ditaburkan melingkari tanaman dengan jarak lurus dengan tajuk daun.

Cara ini sedikit menguntungkan karena pupuk yang digunakan rellatif sedikit, tetapi memiliki tingkat kesuburan tanah yang rendah.

• METODE DENGAN CARA DITEMPATKAN DALAM LUBANG

Cara membenamkan pupuk ke dalam lubang juga bisa dilakukan dalam metode pemupukan melalui akar dengan cara membenamkan sedalam kurang lebih 10 cm dan kembali ditutup dengan tanah .

Untuk tanaman masa panen tahunan bisa dilakukan dengan cara nenbenamkan pupuk kedalam lubang pupuk yang melingkari tanaman dengan jarak tegak lurus dengan tajuk daun.

METODE PEMUPUKAN MELALUI PENYEMPEROTAN DAUN TANAMAN

Metode ini dilakukan dengan cara penyemprotan pada daun tanaman yang menggunakan pupuk yang sudah dilarutkan kedalam air dengan konsentrasi yang sangat rendah. Setelah itu disemprotkan langsung kepada daun.

Ada beberapa hal yang dilakukan sebelum melakukan penyemprotan diantaranya .

• Pupuk yang sudah dilarutkan dengan air harus menggunakan konsentrasi yang rendah ,dilarang menggunakannya berlebihan. karena prinsipnya lebih baik kurang daripada berlebihan. penyemprtan bisa dipercepat menjadi seminggu sekali.
• Semprotkan pupuk menghadap ke bagian bawah karena terdapat stomata yang ada di bagian bawah daun
• Jangan melakukan penyemprotan menjelang musim hujan karena akan beresiko pupuk yang telah disemprotkan habis tercuci oleh hujan

Itulah beberaps metode yang dapat andda lakukan untuk tanaman anda . Untuk info lebih lanjutnya bisa langsung mengunjungi TOKO PUPUK yang menyediakan solusi bagi setiap tanaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *