Google : Wirausaha Internet untuk Perkembangan Ekonomi Indonesia

Written by Toko Pupuk on . Posted in Wirausaha

Ini mengenai Google : Wirausaha Internet untuk Perkembangan Ekonomi Indonesia.

Google : Wirausaha Internet untuk Perkembangan Ekonomi Indonesia

Pemimpin Google untuk kawasan Asia Tenggara, Mike Orgill, menyatakan kontribusi internet untuk perkembangan ekonomi Indonesia masih menyimpan potensi yang sangat besar.

Sebagai pembicara dalam seminar “Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Indonesia 2012″ di Institut Teknologi Bandung (ITB), Selasa, Mike mengatakan perkembangan internet di Indonesia saat ini sudah berada pada jalur yang benar.

“Permintaan untuk pembangunan infrastruktur internet di Indonesia semakin besar. Semakin banyak orang yang terhubung dengan internet melalui situs poluler seperti kaskus, facebook, dan twitter,” ujarnya.

Menurut dia, saat ini kontribusi internet terhadap perekonomian Indonesia mencapai 1,6 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). Angka itu, lanjut dia, diprediksi bisa bertambah menjadi 2,5 persen dari PDB selama lima tahun mendatang.

Bahkan, kata Mike, kontribusi internet terhadap perekonomian Indonesia itu lebih besar dari sektor gas alam cair dan manufaktur kayu.

wirausaha, pengusaha, wirausahawan, dan kewirausahaan

wirausaha, pengusaha, wirausahawan, dan kewirausahaan

“Indonesia masih menyimpan potensi untuk perkembangan ekonomi melalui internet. Potensi terkubur ini masih bisa tumbuh lebih besar lagi karena sekarang ini baru sebagian kecil penduduk Indonesia yang menggunakan internet,” tuturnya.

Karena itu, lanjut Mike, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sebaiknya mendapatkan kesempatan untuk mempromosikan dan mengembangkan jaringan usaha mereka dengan bisnis “on line” melalui internet.

Menurut dia, UKM yang menjalankan bisnis melalui internet bisa memperoleh efisiensi sekitar 10 persen dan bisa lebih cepat maju dua kali lipat dibanding UKM yang menjalankan usaha secara konvensional.

Untuk itu, Mike mengatakan Google di Indonesia berupaya untuk menjalin kerjasama dengan UKM melalui program “Bisnis Lokal Go On Line” yang saat ini merengkuh sekitar 75 ribu UKM.

“Kami misalnya menyediakan domain gratis untuk situs usaha mereka selama 1 tahun,” ujarnya.

Google : Wirausaha Internet untuk Perkembangan Ekonomi Indonesia

Ia menyatakan target program tersebut direncanakan menyentuh 100 ribu UKM yang ada di Indonesia.

Namun, lanjut dia, keberhasilan upaya tersebut juga harus ditunjang oleh ketersediaan infrastruktur internet yang memadai di seluruh wilayah Indonesia serta provider jaringan internet yang terjangkau oleh pelaku usaha kecil dan menengah.

Dalam presentasinya, Mike juga menyatakan Google selalu menjaga kerahasiaan data pribadi para pengguna jasa dan tidak pernah menjual data tersebut untuk kepentingan pemasaran perusahaan tertentu.

Google, lanjut dia, juga hanya memberikan data pengguna jasa kepada suatu pemerintahan negara tertentu yang meminta untuk alasan penyidikan kasus kriminal atas permintaan pengadilan negara yang bersangkutan. yahoo.com

Demikianlah tentang Google : Wirausaha Internet untuk Perkembangan Ekonomi Indonesia.

GD Star Rating
loading...
Google : Wirausaha Internet untuk Perkembangan Ekonomi Indonesia, 5.0 out of 5 based on 2 ratings

Tags: , , , , , , ,

Trackback from your site.

Toko Pupuk

toko pupuk
Icon pupuk
berkualitas
Icon ijin PPI
kementan RI
Icon harga
terjangkau
Icon kirim
nusantara
Icon untung
dijual kembali
Icon no
minimum order
Icon cocok
semua tanaman
Icon Pupuk
Non Subsidi
Icon layanan
pasca jual