GEMAS : Gerakan Membuang Sampah

Written by Toko Pupuk on . Posted in Lingkungan

Kabar tentang GEMAS atau Gerakan Membuang Sampah.

Ada apa dengan GEMAS : Gerakan Membuang Sampah

Program Gerakan Membuang Sampah (GeMas) merupakan gerakan yang diprakarsai oleh Jaring Bisnis Indonesia (IBL), PT. Tirta Investama (Danone Aqua), dan LKBN ANTARA.

lingkungan dan sampah

lingkungan dan sampah

GEMAS : Gerakan Membuang Sampah

Masalah pengelolaan sampah mungkin memang bisa dibilang ‘urusan pemerintah’, tapi bukan berarti kita sebagai bagian dari masyarakat awam tidak perlu melakukan apa-apa utk berpartisipasi dalam proses pengelolaan sampah yang baik. Cukup dengan memulai membuang sampah pada tempatnya,hilangkan kebiasaan membuang sampah sembarangan,pupuklah rasa malu sebagai generasi sadar lingkungan jika kalian masih juga membuang sampah sembarangan sekalipun tidak ada orang yang melihat.

Bagaimana cara meningkatkan kesadaran tersebut? risalah dengan pengetahuan. mengetahui apa itu sampah, kategori sampah (organik dan non-organik), bagaimana dampaknya pada lingkungan, seberapa besar biaya yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk melakukan pengelolaan sampah yang baik. dimulai dari upah para pekerja untuk memunguti sampah yang dibuang sembarangan oleh orang2 yang tidak mempunyai kesadaran, biaya pengangkutan sampah, biaya penyeleksian dan pemilahan sampah, biaya untuk menyiapkan tong2 sampah di segala penjuru… yah mau sebanyak apa pun tong sampah yang disediakan tidak akan pernah cukup jika masyarakatnya sendiri tidak memiliki kesadaran.

bayangkan seberapa banyak biaya dan tenaga yang bisa dihemat oleh pemerintah jika kita sudah memulai untuk membuang sampah pada tempatnya yaitu tempat sampah, bukan pinggir jalan sepi,atau semak-semak,atau got.

Selain membuang sampah pada tempatnya,sebaiknya kita juga mengerti masalah pemilahan sampah,hal ini memang perlu ditunjang dengan penyediaan tempat sampah khusus yang memisahkan sampah organik dan non-organik. tapi kita bisa memulai dari rumah kita sendiri,pisahkan tong sampah untuk kedua macam sampah itu sehingga pada saat kalian membuangnya ke TPA awal,para pekerja tidak perlu repot-repot memilah sampah itu lagi…dan sekali lagi penghematan biaya dan tenaga bisa diselamatkan.

Demikian berita GEMAS alias Gerakan Membuang Sampah.

GD Star Rating
loading...
GEMAS : Gerakan Membuang Sampah, 5.0 out of 5 based on 2 ratings

Pencarian info :

Tags: , , , , , ,

Trackback from your site.

Toko Pupuk

toko pupuk
Icon pupuk
berkualitas
Icon ijin PPI
kementan RI
Icon harga
terjangkau
Icon kirim
nusantara
Icon untung
dijual kembali
Icon no
minimum order
Icon cocok
semua tanaman
Icon Pupuk
Non Subsidi
Icon layanan
pasca jual