Cara Sederhana Menanam Padi

Cara Sederhana Menanam Padi

Cara sederhana menanam padi – Budidaya padi di Indonesia tentunya sangat penting karena padi merupakan kebutuhan pokok yang sangat penting di Inonesia yang akan diolah juga menjadi makanan pokok yaitu nasi yan gsetiap harinya dikonsumsi oleh manusia .

PENANAMAN PADI

cara sederhana menanam padi

Untuk para petani sangatlah penting dalam membudidayakan padi , namun di Indonesia sekarang petani semakin lama semakin sedikit yang membuat pemerintsh hsrus mengimpor beras dari negara tetangga.

Maka yang harus kita lakukan adalah melakukan penanaman padi secara luas, untuk menanam padi tidaklah sesulit yang anda bayangkan . Saya akan memberitahukab cara sederhana dalam menanam padi .

Untuk petani yang berada berbagai desa di Indonesia pastinya sudah mengetahui betul cara menanam padi , tapi pada saat ini sangat sedikit orang yang melakukan nya karena gagalnya pemerintah dalam menentukann harga komoditas pertanian .

CARA MENANAM PADI

Untuk menanam padi ada beberapa langkah penting yang harus diperhatikan dan dilakukan oleh para petani atau untuk anda sendiri yang ingin mengetahui bagaimana cara mudah menanam padi

Langkah langkah yang harus dilakukan tidaklah terlalu sulit sehingga anda malas untuk mempraktekananya , disini saya akan memberitahukan langkah-langkah yang anda semua pasti bisa melakukannya terutama untuk membantu petani.

MENGELOLAH LAHAN UNTUK TANAMAN PADI

Langkah penting yang harus anda lakukan salah satunya addalah mengelolah lahan pertanian untuk menanam padi.
Untuk itu bersihkan lahan yang akan dipakai untuk menanam padi dari tanaman pengganggu seperti tanaman gulma yang terdapat pada tanaman pada umunya .

Untuk membersihkannya, anda bisa mengumpulkan tanaman gulma pengganggu ,setelah itu anda bisa membakarnya atau baiknya bisa juga dijadikan sebagai pupuk kompos .

Gemburkan tanah yang akan digunakan dalam langkah mengelolah lahan tersebut.untuk memudahkan anda bisa mengaliri air ke tanah agar tanah menjadi lunak dan gembur.

Setelah melakukan penggemburan dan tanah sudah terlihat gembur , untuk langkah selanjutnya anda bisa langsung melakukan pengairan yaitu menggenangi tanah dengan air setinggi 5-10 cm .

Lalu biarkan selama kurang lebih 2 minggu dengan tujuan tanah menjadi lumpur sehingga mudah dalam menanam padi dan racun racun yang ada bisa ternetralisir serta dapat meningkatkan kesuburan pada tanah.

PLIHLAH BIBIT PADI DENGAN KUALITAS TINGI

Bibit padi akan tentunya akan mempengaruhi kualitas padi yang dihasilkan maka dari itu kita harus cermat dalam memilih bibt padi yang berkualitas .

Untuk memilih bibit padi yang berkualitas anda bisa melakukan beberapa hal mudah dengan merendam bibit ke dalam air selama 2 jam , setelah itu letakan bibit diatas kain dan lihatlah bibit yang menghasilkan kecambah.

dan untuk bibit yang tidak berkecambah maka bibit tersebut tidak layak tanam , dan jika yang ditumbuhi kecambah keluarnya lebih dari 85% artinya bibit tersebut sangatlah bagus untuk ditanam.Tetelah itu anda bisa melakukan penanaman.

LAKUKAN PERAWATAN EKSTRA PADA PADI

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka penting untuk melakukan perawatan yang ekstra dengan teliti dalam memperhatikan masalah-masalah yang akan dihadapai pada padi serta mengatasinya .

Dalam perawatan padi melakukan pemberian pupuk adalah salah satu hal penting yang bisa dilakukan secara rutin , untuk hal ini juga harus membutuhkan pupuk yang berkualitas dan cocok dengan padi yang pastinya akan berdampak untuk tanamnan padi tersebut

Maka dari itu pentingnya memberikan pupuk yang berkualitas agar hasil panen yang dihasilkan dapat meningkat dengan kualitas yang baik

Untuk pupuk yang ingin anda berikan bisa anda cari di TOKO PUPUK yang menjual pupuk yang cocok untuk semua jenis tanaman, dan menyediakan solusi untuk tanaman anda .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *