Cara Pemupukan Kelapa Sawit Terbaik 2018

Cara Pemupukan Kelapa Sawit Terbaik 2018

Cara Pemupukan Kelapa Sawit Kelapa sawit adalah salah salah satu jenis tanaman yang memiliki harga ekonomis yang tinggi. Karena komoditas kelapa sawit ini sudah tersebar keseluruh dunia sehingga nilai jualnya tentu semakin meningkat. Dan tentunya ini menjadi peluang yang besar pagi pemilik kelapa sawit. Terlepas dari itu semua ternyata budidaya kelapa sawit tidak semudah yang kita bayangkan.

Pemupukan Yang baik Untuk Kelapa Sawit Anda

cara pemupukan kelapa sawit terbaik 2018

Faktanya tidak sedikit orang yang terjun dalam dunia bisnis kebun kelapa sawit yang pada akhirnya gagal. Yang artinya bahwa budidaya kelapa sawit itu memang tidak mudah.

Fakta yang terjadi di masyrakat khususnya masyarakat pemilik kebun sawit hari mereka mengeluh dengan harga sawit yang tak kunjung naik.

Di sumatera sendiri sejak tahun 2015 sampai sekarang bisa dikatakan bahwa harga sawit tak kunjung naik. Hal ini saangat meresahkan masyarakat sekitar yang umunya kebun sawit sebagai mata pencaharian utama mereka. Kemudian masalah saya saya amati terjadi di masyarakat saat ini adalah menurunnya hasil panen sawit mereka.

Hal ini ada beberapa kemungkinan. Kemungkinan pertama adalah karena perawatan yang kurang terhadapat sawit tersebut atau bisa jadi karena harga sawit yang rendah membuat masyarakat pemilik sawit malas untuk mengurusi kebun sawit mereka. Dengan harga yang rendah membuat banyak masyarakat yang beralih profesi seperti ojek online dan sebagainya.

Pernah suatu ketika saya ngobrol dengan seorang tukang ojek online yang sebelumnya dia bekerja disebuah PT sawit tapi karena harga sawit yang memburuk sehingga banyak karyawan yang dikeluarkan karena tidak cukup biaya untuk membayar karyawannya.

Namun dalam tulisan ini saya hanya akan memfokuskan kepada cara meningkatan hasil panen kebun sawit dengan cara pemupukan yang terbaik. Bisa dipastikan 90% akan meningkatkan hasil panen anda. untuk lebih jelasnya silahkan fahami penjelasan berikut ini .

1. Kenali Kandungan Pupuk

Sebelum melakukan pemupukan terlebih dahulu lakukan pengenalan terhadap kandung pupuk yang akan and gunakan. Karena jika anda salah memilih pupuk untuk sawit anda bukannya meningkatkan volume hasil panen malah bisa membunuh tanaman sawit anda.

ada banyak cara pengenalan pupuk yang bisa anda lakukan seperti pengecekan kandungan pupuk melalui laboratorium. Dengan alat canggih ini akan sangat membanntu anda. setelah mendapatkan pupuk yang sesuai dengan kandungan yang anda butuhkan akan lebih mudah untuk memberikan hasil yang maksimal

2. Berikanlah Dosis Yang Sesuai Dengan Umur Pohon

Faktor umur juga berlaku untuk tanaman sawit. Sawit yang sudah berumur degan sawit yang baru ditanam beberapa bulan tentu membutuhkan dosis yang berbeda. Untuk tanaman sawit mudah hanya butuh sedikit dosis saja, cukup untuk menambah nutrisinya saja karena memberikan banyak dosis juga bisa berefek buruk pada tanaman sawi muda ini. Berbedaa dengan tanaman sawit yang sudah berumur tentu dosis yang dibutuhkannya sangat besar.

3. Perhatikan Sebaran Pupuk

Ada dua cara pemberian pupuk pada sawit bisa dengan cara tebar atau dengan cara tanam. Jika anda menggunakan cara tebar maka perhatikan sebaran pupuk yang anda berikan. Semakin rapi penyebaran pupuknya akan semakin bagus bagi pohon sawit tersebut.

Atau dengan cara tanam hendaknya juga anda perhatikan jarak penanamannya tidak terlalu dekat juga tidak terlalu jauh. Normalnya penanaman pupuk sekitar 0,5 meter dari batang pohonnya.

4. Bersihkan Lahan Sekitar

cara pemupukan kelapa sawit terbaik 2018 (2)Hal ini berfungsi untuk memudahkan anda meletakkan pupuk dekat dengan pohonnya. Membersihkan lahan sekitar juga akan mempercepat pertumbuhan pohon kelapa sawit karea terhindar dari serangan gulma dan rumput-rumput liar lainnya.

Empat cara di atas sangat ampuh jika anda peraktekkan untuk kebun kelapa sawit anda. semoga bermanfaat untuk membantu peningkatan hasil panen kelapa sawit anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *