Cara Menggunakan Pupuk Organik Cair Pada Tanaman

Cara Menggunakan Pupuk Organik Cair Pada Tanaman

Cara menggunakan pupuk organik cair – Pupuk organik biasanya diaplikasikan pada daun ,bunga, atau batang. Pupuk yang dapat dibuat sendiri dengan menggunakan teknologi tangan ini wajib diaplikasikan ke tanaman melalui cara – cara penggunaan yang direkomendasikan oleh para ahli pertanian .

Cara menggunakan pupuk organik cair yang benar apabila tidak dapat dipahami dapat berakibat menurunnya efektivitas pada pupuk yang diberikan ke pertumbuhan tanaman .

Cara menggunakan pupuk organik cair ini bisa dilakukan dengan mengencerkan pupuk dengan air bersih terlebih dahulu kemudian disemprotkan ke tanaman .

Kepekatan pupuk organik cair ini tidak boleh disemprotkan ke tanamaan lebih dari 2%. Kebanyakan produk melakukan pengenceran hingga 1:100, dimana setiap pupuk organik cair yang diencerkan dengan 100 takaran air bersih.

Baca Juga : Cara Budidaya Udang Windu

CARA MENGGUNAKAN PUPUK ORGANIK CAIR YANG BENAR

cara menggunakan pupuk organik cair pada tanaman

Cara penggunaan pupuk cair ini cukup mudah karena sudah berbentuk hasil fermentasi tidak seperti pupuk lainnya yang harus difermentasi dan dicamlurkan dengan bahan – bahan lainnya terlebih dahulu . Berikut cara menggunakan pupuk organik cair pada tanaman yang benar :

1. Perlu Melakukan Pengenceran Terhadap Pupuk Organik Cair

Pengenceran ini dilakukan supaya tanaman dapat menerima seluruh unsur hara yang terkandung di dalam pupuk cair organik. Dengan melakukan pengenceran ini , kualitas unssur hara yang ada pada tanaman jauh lebih baik .

Pengenceran juga dapat membuat pemberian pupuk secara merata keseluruh tanaman. Sebelum menggunakannya , pupuk organik cair diencerkan sampai konsentrasi maksimal 3% dari zat pelarutnya. Dimana jika air nya sebanyak 100 liter , maka pupuk organik cair yang harus dilarutkan adalah sebanyak maksimal 3 liter.

2. Semprotkan Pupuk Organik Cair Ke Bagian Tanaman Muda

Disebut tanaman muda seperti daun muda,tunas,atau pucuk tanaman yang memiliki respon paling besar dengan serapan unsur hara. Dengan menyemprotkan pupuk organik
cair ini ke bagian tanaman muda, secara tidak langsung anda telah membuat pupuk sangat cepat dimanfaatkan oleh tanaman.

Penyemprotan ini berguna menghindari dan meminimalkan pupuk organik cair yang hilang akibat air hujan dan penguapan sinar matahari.

3. Semprotkan Pupuk Organik cair ke Bagian Bawah Tanaman

Perlu anda ketahui bahwa unsur hara dapat masuk ke tanaman melalui stomata yang ada pada tanaman. Begitu juga dengan helaian daun yang menghadap ke bawah ternyata memiliki stomata yang banyak pula.

Jika anda menyemprotkan pupuk organik cair ini pada bagian bawah tanaman maka daya serap pupuk organik akan lebih cepat diserap olrh tanaman karena mempunyai jumlah stomata yang banyak.

4. Aplikasikan Pupuk Organik Cair Secara Berkala

Pupuk organik memiliki sifat yang mudah tercuci atau hilang terkena oleh air hujan dan teriknya sinar matahari maka membuat pengaplikasian pupuk ini wajib dilakukan secara berkala.

Mengaplikasikan pupuk cair baiknya dilakukan rutin setiap minggu pada saat mussim kemarau tiba dan 3 hari sekali pada musim hujan.

Itulah beberapa cara menggunakan pupuk organik cair dengan baik, lakukan pada tanaman anda sehingga tanaman bisa menghasilkan kualitas yang baik.

Anda bisa mengetahui informasi lebih lengkapnya di TOKO PUPUK yang menjual macam macam pupuk yang akan disesuaikan dengan tanaman anda. TOKO PUPUK akan menyediakan solusi bagi anda yang memiliki masalah pada tanaman anda

segera konsultasikan masalah pada tanaman anda dengan cara menghubungi kami atau bisa langsungmengunjungi TOKO PUPUK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *