Cara Menanam Sayuran Kangkung

Cara Menanam Sayuran Kangkung

Cara menanam sayuran kangkung – Kangkung merupakan salah satu sayuran berdaun hijau yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia untuk dihidangkan dalam meja makan. Sayuran kangkung ini biasanya dihidangkan dengan cara ditumis.

Manfaat Sayuran Kangkung Bagi Tubuh Manusia

cara menanam sayuran kangkung k

Sayuran kangkung mempunyai sangat banyak manfaat bagi tubuh manusia, salah satu diantaranya ialah kangkung dapat mengurangi kolestrol pada tubuh.

Langsung saja berikut ini manfaat sayuran kangkung bagi tubuh manusia :

1. Sayuran Kangkung Dapat Mengobati Penyakit Kuning Dan Hati

Pada sebuah penelitian yang telah dibuktikan, ekstrak dari sayuran kangkung ini dapat memberi perlindungan atas kerusakan hati.

2. Sayuran Kangkung Dapat Mengatur Tekanan Dalam Darah

Tanaman kentang sangat kaya akan kandungan asam klorogenat dan anthocyanin yang mana dapat berfungsi untuk menurunkan tekanan dalam darah.

3. Sayuran Kangkung Dapat Membantu Mengurangi Kolestrol

Dengan mengonsumsi sayuran kangkung, maka dapat mengurangi kolestrol dengan secara alami. Sayuran kangkung ini dapat menurunkan kadar kolestrol pada tubuh dan menurunkan kadar trigliserida (salah satu jenis lemak yang ada )

4. Sayuran kangkung Dapat Membantu Mengobati Gangguan Pencernaan dan Sembelit.

Kandungan serat yang kaya padasayuran kangkung ini dapat membantu mengobati orang yang terjeka gangguan pencernaan dan sembelit.

5. Sayuran Kangkung Dapat Membantu mengobati Anemia

Sayuran kangkung memiliki kandungan zat besi yang kaya, sehingga dapat membantu sel – sel darah merah untuk membentuk hemoglobin.

6. Sayuran Kangkung Dapat Mencegah Kanker

Syuran kangkung mengandung 13 senyawa antioksidan didalamnya, yang mana dengan mengonsumsi ini dapat membantu tubuh untuk mencegah kanker perut dan juga kanker payudara.

Cara Menanam Sayuran Kangkung

cara menanam sayuran kangkung

Sayuran kangkung adalah sayuran yang sangat sering dijuampai oleh masyarakat Indonesia. Untuk menghasilkan sayuran kangkung yang baik dan sehat, maka tentunya tidak akan terlepas dari proses penanaman yang baik Berikut ini urutan cara menanam sayuran kangkung yang baik :

1. Siapkan Benih Sayuran Kangkung

Untuk menanam kangkung, benih sangatlah penting untuk menentukan hasil tanamannya. Benih yang berkualitas pastinya akan menumbuhkan kangkung yang berkualitas pula, dan tentunya juga sebaliknya.

2. Siapkan Tempat Untuk Menanam Kentang

– kangkung harus ditanam ditanah yang gembur, caranya ialah dengan mencangkul tanah sekaligus membersihkan gulma disekitar lahan.

– Buat bedengan dengan lebar 100 cm dan tinggi 30 cm. Berikan jarak antar bedengan selebar 50 cm tang mana fungsinya untuk drainase.

– Campurkan pupuk kompos pada tanah dan cangkul sampai merata. Untuk menambah kesuburan sayuran kangkung dapat ditambahkan pupuk “..” pada tanah. Pupuk “..” ini sanagtlah membantu untuk pertumbuhan dan kesuburan sayuran kangkung.

3. Menanam Sayuran Kangkung

– Buatlah lubang sedalam 5 cm dengan jarak antar lubang selebar 15 – 20 cm

– Pada setiap lubang, masukan benih kangkung sebanyak 3 sampai lima benih kangkung, kemudian tutup dengan tanah.

4. Proses Penyiraman

Setelah benih kangkung ditanam, segeralah siram dengan air sampai tanah basah. Lakukanlah penyiraman sesering mungkin. Jangan sampai membiarkan sayuran kangkung kering dan layu.

5. Proses Perawatan

Perawatan adalah salah satu proses cara menanam sayuran kangkung yang baik dan benar. Cegahlah hama dan penyakit – penyakit lainnya agar tidak sampai menyerang sayuran kangkung. Untuk pegendalian hama dapat dilakukan dengan melakukan penyemprotan inseksida.

Itulah cara menanam sayuran kangkung yang baik dan benar menurut tokopupuk.net.

Apakah ada pertanyaan ? Silahkan bertanya pada kolom komentar di bawah.

Silahkan klik disini untuk melihat artikel terkait lainnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *