Cara Menanam Padi

Cara Menanam Padi

CARA MENANAM PADI – Salah satu hal yang sangat fundamental dalam kehidupan adalah dengan bercocok tanam loh.. Simpel banget.. logikanya ketika kita gagal panen apa yang akan terjadi ?

Otomatis kenaikan harga pangan yang cukup meningkat bukan? Bukankah begitu ! Iya begitu..
Apalagi? Banyak hal – hal sebagai perhitungan kita bisa dirugikan secara langsung maupun tidak langsung !

Dalam hal itu saya ingin sekali membahas Edukasi penting berbagai hal mengenai Budidaya Tanaman Pangan. Karena apa ? Padi merupakan salah satu bahan pangan pokok kehidupan diseluruh lapisan masyarakat yang sangat penting di dunia.

Padi dalam bahasa latinnya disebut = Oryza sativa
Walaupun padi hal yang sanagt pokok bagi kelangsungan mayoritas masyarakat. Tetapi Dalam hal produksi mendapat urutan rangking ketiga sesudah jagung dan gandum.

Namun sangat disayangkan Padi sebagai bahan pangan karbohidrat utama ini. Belum mencakup tingkat produksi padi nasional. Belum menyeluruhi kebutuhan masayarakat kita, dalam arti lain bisa dikatakan BELUM BERWASEMBADA PADI,

Kita sebagai negara yang potensial dalam bidang agraris ini, sumber daya yang begitu melimpah yang seharusnya menjadi panduan sebagai kekayaan alam yang potensial dalam hal lahan pertanian sangat berlimpah ruah.

Sayangnya sangat ironis sekaligus miris. Kita sampai sekarnag masih meng-impor beras bahkan menjadi peng-impor terbesar di dunia ? Masya allah…
Seharusnya minimal kita memiliki kebutuhan produksi dalam negri mas / mba.

Cara Menanam Padi-min

Baik langsung saja sebelum masuk pada pembahasan lebih lanjut kita akan membahas penanaman – nya sebagai berikut :

1. PEMILIHAN BENIH PADI YANG BAGUS

Salah satu metode yang cukup baik dimana benih direndam dalam larutan ZA 25 gr / liter air, dan kemudian benih yang mengapung harus dibuang. Dan benih yang tenggelam itulah benih yang cukup potensial untuk dibudidayakan.

2. PENGOLAHAN TANAH

Pastikan pematang bersih dari rerumputan, ditata dan dibuat agak naik atau meninggi. Karena fungsi awal pematang untuk menahan air selama pengaturan tanah agar tidak mengalir keluar petak. Berfungsi kelanjutan dengan pengaturan kebutuhan air selama ada tanaman padi.
Saluran parit diperbaiki serta dibersihkan dari rerumputan.

Karena itu berfungsi untuk memperlancar arus air serta menekan kelebihan biji gulma yang bisa terbawa masuk ke dalam petakan tersebut. Sebelum tanah diolah pun sisa jerami dan sisa tanaman yang masih ada pun dibersihkan. Dan jerami tersebut bisa dibakar atau dialihkan pada tempat lain seperti pakan ternak. Dan pembersihan pun bisa dilakkan dengan tangan dan alat cangkul.

Dan sebelum melakukan pembajakan, tanah sawah harus digenangi dengan air tujuannya agar gembur, lama penggenangan sawah pun dipengaruhi oleh keadaan / kondisi tanah dan kesiapan tanam. Pembajakan harus dilakukan dua kali. Karena dengan pembajakan ini berfungsi untuk memecah kecil – kecil gumpalan – gumpalan tanah. Juga gumpalan tanah tersebut Lalu dihancurkan dengan menggunakan alat garu sehingga bisa menjadi lumpur halus yang merata.

Dan keuntungan tanah yang telah diolah bisa meratakan irigasi air. Pada petakan sawah yang melebar, harus dibuatkan bedengan – bedengan. Antara satu bedengan dengan bedengan lainnya berupa saluran yang kecil di pinggir pematang yang berfungsi meperlancar irigasi.

Setelah pengolahan lahan telah selesai. Bibit pun dianjurkan untuk ditanam saat umur 20 hari. Ciri bibit yang siap untuk dipindah adalah berdaun 5-6 helai, tinggi nya 22-25 cm, batang bawahnya besar dan keras, tidak ada hama serta penyakit yang menghambat pertumbuhannya.

3. CARA MEMUPUK PADI

Tanah yang dipakai dan serta dibudidayakan secara konsisten atau terus – menerus cenederung akan kekurangan unsur hara nya ditanaman, dan oleh karena itu sangat diperlukan penambahan unsur hara yang berasal dari pupuk organik maupun anorganik akan sangat diperlukan.

Agar lebih efektif dan efisien penggunaan pupuk yang disarankan untuk kebutuhan hara dalam tanah.
Kebutuhan N tanaman dapat diketahui dengan mengukur kehijauan warna daun padi. Bagian warna daun ( BWD )

Untuk unsur pupuk yang kami sarankan adalah pupuk mikroba dan anda bisa pesan pupuk mikroba yang sudah terjamin mutu dan kualitasnya.

Silahkan kontak kami, untuk konsultasi dan tanya jawab lebih jauh :  0819 – 2939 – 2929

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *