Cara Menanam Durian

Cara Menanam Durian

Cara Menanam Durian – Durian merupakan salah satu buah favorit di Indonesia. Buah ini juga memiliki harga yang mahal. Sehingga banyak sekali orang yang berlomba-lomba menanam pohon durian. Baik menanam dalam jumlah banyak ataupun hanya beberapa batang.

Cara Menanam Durian yang Baik dan Benar

cara menanam durian

Cara menanam durian sebenarnya tidaklah sulit asal tahu cara-caranya. Jika menanam durian tidak menggunakan langkah-langkah yang benar maka pohon durian akan berpeluang mati. Untuk Anda yang melakukan budidaya durian atau sekedar menanam durian, berikut akan kami paparkan langkah-langkah menanam pohon durian agar berhasil.

Menentukan lokasi

Durian sebenarnya termasuk tumbuhan yang bisa tumbuh di berbagai jenis tanah di indonesia. Namun kita tetap harus memilih lokasi terbaik agar nantinya durian benar-benar tumbuh maksimal.

Durian bisa tumbuh dengan baik pada ketinggian 500-800 meter di atas permukaan laut pada daerah tropis. Durian dapat bertahan hidup pada lahan dengan suhu 23 sampai 30 derajat celsius. Suhu yang terlalu panas akan membuat pohon ini mati.

Jenis tanah yang cocok untuk menanam durian adalah tanah andosol, latosol, dan juga tanah podsolik merah kuning. Untuk budidaya sebaiknya tanam durian pada ph tanah antara 6-7.

Memilih bibit durian

Bibit sangat menentukan keberhasilan sebuah budidaya durian. Bibit yang bagus akan membuat durian tumbuh lebih cepat dan mampu menghasilkan buat yang maksimal.

Bibit yang unggul juga lebih tahan terhadap penyakit atau pun hama yang menyerang. Usahakan memilih bibit yang indukannya memiliki hasil buah yang melimppah setiap panen.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih bibit:

• Batangnya kokoh dan memiliki cabang 2 hingga 4 arah

• Bibit terlihat kuat, sehat dan segar

• Memiliki daun yang banyak

• Tidak ada penyakit pada daun maupun batangnya

• Muncul banyak tunas baru pada batangnya

Cara menanam durian?

Cara menanam durian yang ketiga, setelah menentukan lahan dan menemukan bibit unggul, kini saatnya kita mulai masuk pada proses penanaman. Pada tahap ini Anda harus mempersiapkan lahan agar siap untuk ditanami. Anda bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini untuk mempersiapkan lahan.

• Bersihkan lahan dari tanaman atau rumput liar yang bisa menghalangi sinar matahari masuk ke lahan tersebut.

• Gemburkan tanah dengan cara dicangkul, setelah itu diamkan selama tiga hari.

• Setelah didiamkan tiga hari, untuk menambahkan unsur hara pada tanah, berikan pupuk kandang secara merata secukupnya jangan berlebihan. Diamkan selama kurang lebih 1 minggu agar pupuk kAndang tercampur merata dengan tanah.

• Buatlah dengan diameter disesuaikan dengan besar bibit. Buat jarak antar lubang lebih kurang 8 x 8 meter. Jarak yang jauh ini berfungsi agar durian tidak berebut nutrisi di dalam tanah sehingga pertumbuhannya bisa lebih cepat dan maksimal.

• Biarkan lubang selama kurang lebih 1 minggu supaya racun-racun tanah hilang terbawa angin

• Penanaman durian sebaiknya dilakukan pada musim penghujan supaya nantinya bibit durian mendapatkan air yang cukup

• Masukan bibit durian ke lubang yang telah disediakan. Pastikan tanam dalam posisi tegak.

• Jika tidak terdapat hujan, sirami setiap hari agar suplai air bagi durian tercukupi.

Perawatan Pohon Durian

Setelah melewati fase penanaman maka kita sekarang akan memasuki fase berikutnya yaitu, perawatan pohon durian. Perawatan terhadap pohon durian yang baru kita tanam ini sangat penting untuk menjaga tetap hidup.

Pengairan

Cara menanam durian yang juga sangat penting yaitu, lakukan penyiraman secara rutin terhadap bibit yang baru di tanam tersebut. Lakukan penyiraman secara rutin hingga kurang lebih satu bulan. Jangan sampai pohon durian yang baru ditanam kekurangan air.

Penyiangan

Jangan lupa untuk selalu membersihkan lahan tempat menanam durian dari berbagai rumput liar maupun gulma agar tidak mengganggu pertumbuhan durian. Rumput-rumput liar jika tidak rutin dibersihkan maka akan menghambat pertumbuhan durian.

Pemupukan

Lakukan pemupukan secara berkala untuk menjaga tanah agar tetap subur dan memiliki kandungan unsur hara yang cukup. Berikan pupuk untuk buah durian agar perkembangan pohon durian lebih cepat dan lebih cepat pula untuk berbuah.

Lakukan langkah di atas secara benar. Maka pohon durian anda akan tumbuh besar dan tinggal menunggu panen. Jika butuh info lain mengenai budidaya tanaman bisa mengunjungi toko pupuk. Itu lah cara menanam durian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *