Cara Menanam Buah Mangga

Cara Menanam Buah Mangga

Cara menanam buah mangga – Bicara soal buah mangga sudah tidak asing lagi di dengar oleh telinga kita ,tentunya anda semua sudah pernah mencobai buah jenis mangga ini yang tumbuh banyak di negara kita , bahkan sering kita jumpai di tiap rumah yang memelihara pohon mangga atau mungkin anda sendiri.

Bagi anda yang suka menanam dan ingin mencoba memulai menanam tanaman mangga ini caranya tentu sangat mudah, disini kita akan membahas baagaimana cara menanam tanaman mangga yang baik dan benar.

MENANAM MANGGA

cara menanam buah mangga

 

Untuk menananam buah mangga ini anda memerlukan bibit yang berkualitas yang bertujuan mendapatkan hasil yang berkualitas pula.

Untuk mendapatkan bibit juga bisa dengan menggunakan biji tanaman mangga dengan buah yang berkualitas. Maka ketika anda selesai memakan mangga jangan membuang bijinya karena bisa digunakan menjadi bibit mangga.

mangga juga memiliki banyak jenis yang ada di inddonesia , untuk menanam mangga memerlukan tanah yang gembur agar serta mengandung beberapa pasir .

TEKNIK PENANAMAN BUAH MANGGA

Langkah pertama yang dilakukan adalah mengukir luas tanah terlebih dahulu, hal ini berguna untuk menyesuaikan bibit mangga yang akan ditanam dengan jarak renggang 5-10 meter

Kemudian untuk kedalaman tanah, anda bisa menggalih tanah dengan kedalaman 50-100 cm lalu tanah yang telah digali anda masukkan bibit mangga yaang telah disiapkan.
ada baiknya sebelum memasukkan bibit anda bisa memasukkan sampah kering ke dalam lubang lalu membakar nya dan biarkann selam kurang lebih sampai 2 minggu.

Untuk mangga okulasi anda bisa mencampurkan tanah hasil galian dengan dedak dan ditambahkan pupuk organik seperti pupuk kandang, lalu masukkan tanah yang telah dicampur ke dalam lubang.

LAKUKAN PERAWATAN TANAMAN MANGGA

Langkah selanjtnya yang perlu anda lakukan adalah dengan merawat pohon magga , lakukan lah perawatan yang baik . untuk melakukan perawatan pohon mangga yang baik anda bisa melakukan penyiraman minimal 2 kali tiap harinya.

setelah pohon mangga berusia dua bulan, anda harus mselakukan pemupukan yag rutin,, Untuk pemupukan anda juga perlu menggunakan kualitas pupuk yang baik pula agar mendapatkan hasil dengan kualitas yang baik.

Jangan gunakan pupuk sembaranga untuk tanaman mangga anda karena jika pupuk tidak cocok dengan tanaman akan berdampak sangat buruk bagi tanaman tersebut.
Anda juga bisa menggunakan pupuk anorganik seperti urea , NPK, atau KCl , tapi ada baiknya jika anda menggunakan pupuk organik untuk tanaman mangga.

BERIKAN PUPUK ORGANIK

Untuk hasil yang baik anda bisa menggunakan pupuk orgnanik , kenapa tidak dengan pupuk anorganik ? karena penggunaan pupuk kimia ini akan merusak kesuburan tanah jika digunakan dalam jangka yang panjang .

dengan menggunakan pupuk organik yang banyak dijual di TOKO PUPUK , ksuburan pada tanah akan meningkat dan tentunya akan sangat baik untuk tanaman anda , serta memenuhi kebutuhan hara yang ada pada tanaman dan tanah .

Anda juga bisa menggunakan pupuk organik yang dicampur dengan menggunakan pupuk anorganik seperti urea agar mempercepat pertumbuhan mangga serta akan cepat berbuah pula .

CARA TANAMAN MANGGA CEPAT BERBUAH

Ada beberapa cara dalam memceoat pembuahan pada pohon mangga yaitu dengan cara melengkungkan batang pohon , hal ini bertujuan menghambat fase vegetatif dan mendorong petumbuhan generatif

Anda juga bisa melakukan pemangkasan pada pohon mangga , dengan memangkas ranting atau cabang yang tidak produktif lagi , hal ini akan membantu meratakan pendapatan sinar matahari pada mangga dan dapat merangsang pertumbuhan buah dengan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *