Cara Memupuk Tanaman Sawit

Cara Memupuk Tanaman Sawit

Cara memupuk tanaman sawit – Pemupukan pada tanaman sawit ini perlu diperhatikan dan dilakukan secara rutin walaupun sawit ini termasuk ke golongan tanaman keras. Akan tetapi, tidak perlu setiap hari untuk diberi pupuk secara terus menerus.

PUPUK YANG BAIK UNTUK SAWIT

cara memupuk tanaman sawit

Waktu pemupukan hanya pada saat curah hujan kecil atau pada saat kemarau. Pupuk yang baik digunakan untuk tanaman sawit adalah pupuk yang bisa merangsang akar dan memperbaiki tingkat keasaman pada tanah.

Dalam perawatan tanaman sawit diperlukan untuk melakukan pemupukan secara rutin dan hal ini merupakan hal yang sangat penting guna mempertahankan produksi buah dari kelapa sawit tersbut .

Tetapi tidak selamannya pemupukan ini dilakukan secara rutin karena ada saatnya proses pemupukan akan tejadi dengan tidak baik. dan ada juga petani yang mengalami gagal ketika melakukan pemupukan sehingga harus mengganti pupuk yang cocok untuk sawit tersebut sebenarnya ini tidak benar

MASALAH YANG TIDAK DIKETAHUI PETANI

Masalah sebenarnya yang tidak dikeetahui oleh para petani adalah dari penggunaan pupuk saat mengalami gagal panen dan rata rata petani mengganti pupuk untuk sawit yang sama sekali tidak ada pengaruh nya .

Hal yang menyebabkan gagal panen itu bukan dari pupuk nya tetapi dari struktur tanah yang dipakai saat menanam yang mencakup pH tanah. maka dari itu ketika mengalami gagal panen ada baiknya untuk mengecek pH tanah dari sawit tersebut.

Karena pada dasarnya semua pupuk itu akan sama jadinya walaupum memiliki kanndungan yang bebeda , pupuk yang telah diberikan akan menjadi ion pada saat di dalam tanah dimana ini adalah kebutuhan dari tanaman tersebut

Masalah yangterjadi juga bisa karena penggunaan pupuk kimia yang berlebiha pada sebelumnya ,yang membuat kerusakan pada struktur tanah dan menurunnya tingkat kesuburan tanah. Maka dari itu diperukan dosis saat memakai pupuk .

METODE PEMBERIAN PUPUK PADA KELAPA SAWIT

Setipa petani harus memperhatikan metode dalam penanaman sawit mereka sesuai dengan kecocokan nya . karena jika metode yang digunakan tidak cocok atau kurang tepat maka hasil yang diperoleh akan tidak sesuai.

Pemupukan dapat dilakukan dengan metode tebar dan metode benam. Jika ingin menggunakan metode tebar, maka sebaiknya pupuk ditebarkan di pinggiran kelapa sawit yang berjarak 0,5 meter. dan untuk tanaman tua bisa ditebarkan dengan jarak 1 – 2,4 meter.

Jika ingin melakukan pemupukan dengan metide benam maka pupuk diberikan pada 4 – 6 lubang di sekeliling pinggiran tanaman sawit. kemudian tutup lubang guna pupuk yang diberikan meresap , metode ini biasa digunakan pada areal rendah. karna jika tidak demikian akan mudah mengalami erosi

Pemupukan juga bisa dilakukan secara manual, yaitu dengan cara menggunakan tenaga manusia , dan bisa dilakukan secara modern yaitu pemberian pupuk pada tanaman dengan menggunakan tenaaga traktor yang akan menghemat waktu pengerjaan tetapi menambah biaya.

WAKTU PEMUPUKAN YANG BAIK

Pemupukan kelapa sawit biasa dilakukan dalam 2 kali dalam setahun , yaitu ketika awal musim dan musin hujan.
Dalam pemupukan yang baik anda bisa melakukan nya dengan pemberian pupuk organik yang akan sangat berdampak baik , karena dengan menggunakan pupuk organik dapat menyuburkan dan memperbaiki tingkat kesuburan pada tanah.

Atau juga bisa dikombinasikan dengan penggunaan pupuk kimia yang akan saling melengkapi satu sama lainnya dimana pupuk organik akan membantu perbaikan pada tanah dan pupuk kimia berperan memberikan hara yang cukup pada tanaman nya

mungkin inilah cara pemupukan pada tanaman sawit. Jika kurang puas info diatas bissa langsung mengunjungi TOKO PUPUK yang menjual segala jenis pupuk mulai dari pupuk kimia dan organik serta akan memberikan banyak solusi untuk tanaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *