Cara Memupuk Tanaman Buah

Cara Memupuk Tanaman Buah

Cara Memupuk Tanaman Buah – Menjadi kebutuhan manusia untuk mengkonsumsi buah-buahan .Untuk buah yang memiliki kualitas yang bagu tentunya perlu perawatan saat menanam nya .

Mempunyai tanaman buah-buahan yang sehat dan berbuah lebat tentunya adalah keinginan semua orang yang mempunyai tanaman buah, Untuk itu perlu dilakukan perawatan ekstra serta pemupukan yang rutin untuk mendapatkan hasil yang sempurna tersebut.

 

 

Pupuk merupakan bahan utama yang diperlukan petani dalam memenuhi kebutuhan tanamannya sehingga membuat tanaman menjadii sehat dan mempunyai produksi yang tinggi.

Maka dari itu pupuk juga perlu digunaka untuk tanaman buah agar semua kebutuhan tanaman terpenuhi dan tanaman akan berbuah lebat yang tentunya akan menguntungkan. Lalu apa saja yang harus dilakukan dalam pemupukan buah ?

cara memupuk tanaman buahhz

 

LANGKAH DALAM PEMUPUKAN

Sampai saat ini belum ada ketentuan atau rumus yang pasti dalam pemberian pupuk untuk tanaman buah dan mempertimbangkan tanamnan dari jenis umurnya. Maka dari itu langkah pertama yang harus dilakukan oleh setiap petani adalah dengan menganalisis tanah.

1. MENGANALIS TANAH

Analisis tanah tentunya sangat dipentingkan sebelum melakukan pemupukan dalam menentukan jenis , sifat – sifat , dan menentukan tingkat kesuburan pada tanah dalam. sehingga bisa mengetahui unsur hara yang dibutuhkan oleh tanah dan tanaman tersebut.

Masalah besarnya adalah kebanyakan petani tidak melakukan analisis ini. Sebenarnya tanpa melakukan analisis ini , pemberian pupuk bisa saja dilakukan dengan menggunakan pupuk organik yang sifatnya memperbaiki struktur tanah atau pupuk lainnya.

Dikatakan yang bisa memperbaiki struktur tanah seperti pupuk urea yang mengandung nitrogen (N), pupuk TSP untuk fosfor, dan KCL yang meengandung kalium .

hal ini berguna untuk memperbaiki struktur tanah dan menigkatkan tingkat kesuburan pada tanah. Tetapi , masing masing tanah mempunyai unsur yang berbeda pula sehingga tetap memerlukan analisis tanah terlebih dahulu.

2. TENTUKAN DOSIS DAN WAKTU PEMUPUKAN

Setelah melakukan analisis terhadap tanah, langkah selanjutnya adalah dengan memperhatikan dan mennentukan jumlah dosis dan waktu pemupukan. misalnya , perhatikan setiap pupuk yang ingin dipakai untuk tanaman anda seperti memerhatikan kandungan dan manfaat dari pupuk tersebut

Contoh, pupuk yang mengandung nitroge mempunyai fungsi sebagai perangsang pertumbuhan pada tanaman mancakup daun,batang ,serta akar dan bagian tanaman lainnya.

lalu fosfor , memiliki fungsi dalam merangsang pertumbuhan akar baru pada tanaman dan mempercepat tumbuhnya bunga dan mematangkan biji serta memperkokoh batang sehingga dapat tumbuh tegak.

Untuk dosis pupuk yang diberikan pada tanaman ditentukan dari diameter taajuk pohon attau tanaman tersebut. lalu frekuensi , tergantung dari jenis pupuk yang diberikan pada masing masing tanaman.

Untuk tanaman muda sebaiknya gunakan pupuk yang sudah dilarutkan dengansatu liter air ,setelah itu disiramkan ke sekeliling wilayah yang ditumbuhi akar dan jangan sampai menyentuh bagian batang poho atau tanaman karena bisa menyebabkan tanaman terbakar dan mati.

3. HINDARI PEMUPUKAN BERLEBIH

Jangan melakkukan pemupukan berlebih karena jika pemupukan dilakukan secara berlebihan bisa menyebabkan rusaknya struktur tanah sehingga mengakibatkan tanaman tidak tumbuh subur, tanaman akan terlihat layu ,rintik pada bunga , bahkan bisa mati.

Untukk Pemupukan pada tanaman yang sedang berbunga sebaiknya jangan dilakukan , karena akan merugikan. Jumlah larutan pada tanaman pun juga berbeda-beda keperluannya.

Untuk itu , lakukan penyemprotan pada pagi hari sebelum jam 9 atau pada sore hari setelah pukul 4 atau sebelum hari gelap. dalam penyemprotan dilarang pada saat waktu panas terik , malam hari ataupun menjelang hujan.

Mungkin beberapa hal diatas dapat membantu dalam hal pemupukan tanaman buah yang akan membuat tanaman menjadi ssehat dan berbuah dengan lebat.
Untuk solusi lain anda bisa langsung mengunjungi TOKO PUPUK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *