Cara Budidaya Padi

Cara Budidaya Padi

Cara Budidaya Padi – Assalamualaikum, Sama seperti penananaman benih padi pada umumnya yang dimana pemeliharaannya dan perawatannya sangat penting dalam pelaksanaan budidaya padi sawah.

Dalam sistem penjagaan nya menghindari dari hama gulma yaitu tumbuhan penggangu yang kerap kali merugikan tanaman padi. Selain juga dapat menjadi inang hama penyebab beberapa penyakit, dikategorikan sebagai pesaing untuk unsur hara air.

Yang dimana juga mempunyai perakaran yang kurang lebih sama dengan padi sehingga saling terjadi persaingan zat gizi atau unsur hara tanah. Tapi semua itu bisa diatasi dengan pemberian pupuk organik mikroba yang telah kami pasarkan di berbagai wikayah untuk menunjang hasil panen yang lebih baik dan maksimal.

Sehingga budidaya akan menjadi lebih terukur dan terjamin mutu serta kualitas panen akhirnya. Dari hasil survei terkemuka mengambil data bahwa negara dengan hasil tingkat produsen padi adalah republik rakyat tiongkok = 28% dari total produksi di dunia Dan India = 21% dan indonesia = 9%.

Namun hanya sebagian kecil dari produksi padi dunia yang diperdagangkan di atnar negara hanya berkisaran : 5 – 7% dari total produksi dunia. Dan thailand merupakan peng-ekspor padi utama = 26% dari total padi yang diperdagangkan di dunia dan diikuti oleh vietnam = 15% serta amerika serikat = 11%

Dan Indonesia merupakan pengimpor padi terbesar di dunia = 14% dari hasil padi yang di perdagangkan di dunia dan diikuti oleh bangladesh = 4% dan juga brazil = 3% Produksi padi di indonesia pada tahun 2006 adalah 54 juta ton, kemudian mengalami kenaikan sekitar 57 juta ton di tahun 2007 dan kemudian angka takaran III meleset dari target semula sekitar 60 juta ton akibat terjadinya kekeringan berkepanjangan yang disebabkan oleh ENSO. -wikipedia-

Cara budidaya padi sawah sebenarnya suatu hal yang perlu dipelihara dan dipelajari utamanya bagi para pemukiman yang mempunyai wilayah atau lahan yang cukup mumpuni. Dan untuk melihat potensi tersebut seharusnya para petani mempelajari hal – hal atau ilmu yang lebih spesifikasi untuk dapat mengolah hasil panen menjadi lebih baik lagi.

Untuk itu sangat diperlukan sekali dalam penunjang hasil panen akhir tanaman utamanya padi itu sendiri dengan memanfaatkan pupuk mikroba yang sangat efektif sekali jika untuk cara budidaya padi sawah yang kini masuk dalam kategori yang cukup potensial jika diterapkan secara bertahap dan konsisten.

Silahkan hubungi kami untuk pertanyaan lebih lanjut di : 0819 – 2939 – 2929 –

 

PENGELOLAAN BUDIDAYA

cara budidaya padi

Pastikan rerumputan, ditata dan dibuat agak naik atau meninggi. Karena fungsi awal pematang untuk menahan air selama pengaturan tanah agar tidak mengalir keluar petak. Berfungsi kelanjutan dengan pengaturan kebutuhan air selama ada tanaman padi. Saluran parit diperbaiki serta dibersihkan dari rerumputan.

Karena itu berfungsi untuk memperlancar arus air serta menekan kelebihan biji gulma yang bisa terbawa masuk ke dalam petakan tersebut. Sebelum tanah diolah pun sisa jerami dan sisa tanaman yang masih ada pun dibersihkan. Dan jerami tersebut bisa dibakar atau dialihkan pada tempat lain seperti pakan ternak. Dan pembersihan pun bisa dilakkan dengan tangan dan alat cangkul.

Dan sebelum melakukan pembajakan, tanah sawah harus digenangi dengan air tujuannya agar gembur, lama penggenangan sawah pun dipengaruhi oleh keadaan / kondisi tanah dan kesiapan tanam. Pmebajakan harus dilakukan dua kali. Karena dengan pembajakan ini berfungsi untuk memecah kecil – kecil gumpalan – gumpalan tanah. Juga gumpalan tanah tersebut Lalu dihancurkan dengan menggunakan alat garu sehingga bisa menjadi lumpur halus yang merata.

Dan keuntungan tanah yang telah diolah bisa meratakan irigasi air. Pada petakan sawah yang melebar, harus dibuatkan bedengan – bedengan. Antara satu bedengan dengan bedengan lainnya berupa saluran yang kecil di pinggir pematang yang berfungsi meperlancar irigasi.

Setelah pengolahan lahan telah selesai. Bibit pun dianjurkan untuk ditanam saat umur 20 hari. Ciri bibit yang siap untuk dipindah adalah berdaun 5-6 helai, tinggi nya 22-25 cm, batang bawahnya besar dan keras, tidak ada hama serta penyakit yang menghambat pertumbuhannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *