Cara Agar Pisang Cepat Matang

Cara Agar Pisang Cepat Matang

Cara agar pisang cepat matang– pematangan pisang dapat dilakukan dengan dua cara yaitu secara alami maupun buatan. Memang kita kadang tidak sabar kalau mau makan pisang. Sehingga kita ingin yang masih mentah itu cepat matang.

Cara Membuat Pisang Cepat Matang

cara agar pisang cepat matang

Seperti kita ketahui pisang ini kalo kita diamkan begitu saja matangnya cukup lama. Dan kita semua tahu menunggu itu membosankan. Maka dari itu disini kita akan membongkar sebuah rahasia yang sangat bermanfaat untuk kita bersama yaitu cara agar pisang cepat matang.

Dengan cara ini pisang kita bisa menjadi lebih cepat matang dua kali lipat. Namun, cara hanya ini hanya berhasil jika pisang yang digunakan adalah pisang yang sudah tua. Karena pisang yang mudah belumlah siap untuk dimatangkan. Langsung saja kita masuk ke pembahasannya.

1. Cara Buatan

Pematangan pisang dengan cara buatan adalah dengan menggunakan karbit. Karbit ini sangat ampuh sekali dalam membuat pisang matang dalam waktu sangat cepat. Namun menggunakan cara ini memiliki efek samping pada pisang itu sendiri.

Pisang yang dimatangkan dengan karbit cenderung kurang enak, bahkan terkadang pisangnya menjadi keras dan bantat. Karena karbit ini bisa mematangkan pisang yang tua maupun muda.

2. Cara Alami

Menggunakan cara agar pisang cepat matang alami memang tidak secepat ketika kita memakai karbit. Tapi, yang alami itu selalu lebih baik daripada yang buatan. Nah, dengan cara yang alami ini kita tidak menggunakan obat-obatan kimia, melainkan dengan bahan alami yaitu menggunakan daun. Mematangkan pisang dengan media daun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

• Pertama, yang harus kita siapkan adalah buah pisang yang sudah tua namun masih mentah. Pastikan buah pisang tersebut sudah dipisahkan dari tandannya.

• Usai menyiapkan pisang, sekarang siapkan juga wadah atau tempat yang akan digunakanan untuk pemeraman pisang. Tempatnya dapat berupa kardus, kotak kayu atau yang lainnya.

• Selanjutnya kita siapkan daunnya. Nah, daun yang bisa digunakan sebenarnya ada banyak namun disini saya akan menyarankan 3 jenis daun saja, yaitu daun johar, daun jarak jakarta, dan daun dadap. Ke tiga daun sangat ampuh sekali digunakan untuk mempercepat pematangan pada pisang

• Setelah itu tempatkan daun-daun pada wadah yang sudah kita sediakan sebelumnya. Tata daun dengan bentuk zig-zag

• Masukan pisang ke dalam wadah disela-sela antara daun.

• Tutup bagian atas wadahnya menggunakan karung semen atau pun karung lainnya. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 4 hari. Jika sudah 3 hari sebaiknya intip-intip pisang Anda untuk mengetahui perkembangannya. Karena biasanya sebelum 4 hari pisang sudah matang total.

Jika pisang sudah matang maka Anda bisa mengangkatnya keluar. Sebaiknya perhatikan juga apakah pisangnya sudah matang semua atau baru sebagian.  Jika masih sebagian, ambil pisang yang sudah matang dan biarkan yang belum matang tempat di dalam wadah lalu tutup kembali.

Jika sudah diangkat sebaiknya langsung cicipi buah pisangnya apakah matangnya normal atau tidak. Tapi menggunakan cara agar pisang cepat matang ini kemungkinan besar pisang akan matang dengan normal.

Anda bisa bebas memilih cara agar pisang cepat matang dengan cara buatan maupun alami. Semua memiliki keunggulan masing-masing. Cara buatan matangnya sangat cepat namun kadang matangnya tidak normal.

Sedangkan cara alami kelemahannya adalah waktunya yang lama. Namun hasilnya lebih bagus karena pisang bisa matang dengan sempurna. Karena cara alami tidak ada unsur pemaksaan sedikitpun dalam mematangkan pisang. Sebaliknya ketika kita menggunakan obat itu artinya kita melakukan pemaksaan supaya pisang langsung matang.

Lihat juga: Cara Agar Pisang Cepat Berbuah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *