Cara Agar Pisang Cepat Berbuah

Cara Agar Pisang Cepat Berbuah

Cara agar pisang cepat berbuah – Pisang memiliki manfaat yang begitu banyak. Kandungan yang dimiliki pisang serta rasanya yang enak membuat banyak orang sangat menyukai buah ini. Pohon pisang pun sangat mudah ditemui di negeri ini. Hampir setiap rumah memiliki pohon pisang.

Langkah-langkah Agar Pisang Cepat Berbuah

cara agar pisang cepat berbuah

Namun yang menjadi masalah adalah tidak semua pohon yang ditanam pasti akan berbuah. Terkadang sudah menanam lama namun pohon pisang tidak juga mau berbuah. Anda juga mungkin mengalami hal ini, sehingga mencari cara agar pisang cepat berbuah.

Pembibitan dari Tunas Pisang

Menanam pisang tidak bisa asal-asalan melainkan harus dilakukan secara benar sejak memilih bibit pisang. Dalam memilih tunas pisang yang akan ditanam, pilihlah tunsa yang tingginya sekitar 1 – 1,5 m dengan diameter umbinya sekitar 15 – 20 cm.

Cara agar pisang cepat berbuah pastikan juga tunas tersebut diambil dari indukan yang terbaik yang batangnya besar, sehat, serta kokoh. Induk yang unggul biasanya juga akan menghasilkan tunas yang bagus pula.

Dalam hal mendapatkan bibit sendiri ada dua cara, yaitu melalui pembelian dan mengambil sendiri di kebun yang Anda miliki. Bibit yang didapat dari membeli biasanya memiliki kualitas yang lebih terjamin. Namun bukan berarti bibit yang diambil sendiri tidak bagus, jika Anda jeli memilihnya maka akan bisa mendapatkan bibit yang berkualitas.

Media Tanam

Pohon pisang dapat tumbuh dengan baik pada tanah humus. Selain pada tanah yang memiliki banyak kandungan humus, tanah juga harus memiliki kandungan kapur yang bermanfaat untuk pohon pisang itu sendiri. Meski tanah berhumus sudah subur, tetap perlu dilakukan pemupukan terlebih dahulu sebelum menanam pohon pisang.

Selain tanah humus, pastikan tanahnya juga dekat dengan sumber air. Jika tidak maka Anda harus telaten menyiram. Namun jangan sampai penyiraman tersebut membuat pohon pisang tergenang, karena hal itu dapat membuat pohon pisang menjadi busuk.

Pengolahan media tanam

Cara agar pisang cepat berbuah juga bergantung pada cara pengolahan media tanamnya. Sebaiknya dalam memilih lahan dilakukan pertimbangan mengenai kondisi tanah itu sendiri. Sebelum memulai menanam, lahan harus dibersihkan dari segala macam hama yang nantinya bisa mengganggu pertumbuhan pohon pisang.

Penggemburan tanah juga sebaiknya dilakukan agar sirkulasi pergantian udara pada tanah dapat terjadi dengan mudah. Dengan begitu maka gas beracun yang ada dalam tanah dapat hilang termuai angin dan sinar matahari.

Teknik Menanam Pisang

Buatlah jarak tanam yang lebar untuk 3 bulan pertama. Buatlah lubang dengan ukuran 50 x 50 x 50 cm untuk tanah yang keras. Jika tanahnya gembur bisa juga menggunakan ukuran 30 x 30 x 30 cm.

Cara agar pisang cepat berbuah cara penanamannya sebaiknya dilakukan ketika menjelang musim penghujan. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya sebelum ditanami pisang berikan pupuk organik terlebih pupuk pada lubang yang telah dibuat.

Pemeliharaan pohon pisang

Pemeliharaan pohon pisang dengan benar sangat penting untuk membuat pisang cepat berbuah. Perawatan yang harus dilakukan diantarnya adalah pengaturan jumlah tanaman pisang dalam satu rumpun. Idealnya satu rumpun terdiri dari 3 atau 4 batang pisang.

Selanjutnya juga penting sekali untuk selalu melakuan penyiangan pada lahannya agar pohon pisang pertumbuhannya tetap normal. Selain itu, selalu bersihkan daun-daun kering pada pohon pisang.

Untuk membuat pohon pisang lebih cepat berbuah juga bisa dengan cara memberikan pupuk khusus untuk buah. Dimana pupuk ini bisa merangsang tanaman untuk berbuah lebih cepat. Pupuk buah bisa dibeli dengan mudah toko pupuk.

Jika memang diperlukan bisa juga ditambahkan dengan melakukan penyiraman secara rutin. Cara agar pisang cepat berbuah ini akan sangat ampuh jika dilakukan secara konsisten mulai dari pembibitan hingga pemeliharaan. Anda juga bisa mencari referensi lain dalam budidaya pisang dengan bertanya kepada orang yang sudah ahli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *