Cara Mangga Berbuah Lebat

Cara Mangga Berbuah Lebat

Cara agar mangga berbuah lebat – Pohon mangga dengan buah lebat tentunya merupakan impian setiap orang yang memiliki pohon mangga. Namun terkadang sudah menunggu bertahun-tahun pohon mangga yang ditanam tidak juga berbuah. Sekalipun berbuah jumlahnya sangat sedikit.

Cara Agar Mangga Berbuah Lebat

cara agar mangga berbuah lebat

Pohon mangga memasuki masa produktifnya pada usia 1,5 tahun – 3 tahun. Jika pohon mangga Anda berada pada usia tersebut atau justur sudah lebih namun belum berbuah maka itu artinya pohon mangga perlu dirangsang agar segera berbuah. Untuk merangsang pohon mangga agar berbuah ada berbagai cara. Berikut 5 cara agar mangga berbuah lebat yang bisa Anda coba.

1. Pemangkasan

Pemangkasan mungkin terdengar sepele namun merupakan salah satu cara yang ampuh untuk membuat pohon mangga Anda segera berbuah. pemangkasan sebaiknya dilakukan secara rutin untuk membuang dahan, cabang, dan ranting pohon yang tidak berguna. Dengan begitu maka akan membuat energi yang dihasilkan dari fotosintesis menjadi lebih efisien penggunaannya.

Dengan begitu, karbohidrat yang berfungsi untuk pembentukan buah akan menjadi lebih meningkat. Selain itu, pemangkasan juga dapat menjadikan sinar matahari lebih merata penyebarannya. Dengan penyebaran sinar matahari yang merata maka fotosintesis dapat terjadi dengan lebih baik.

Sinar matahari akan membuat pembentukan karbohidrat menjadi lebih maksimal. Sebaiknya lakukan pemangkasan pada cabang batang tegak. Karena cabang yang tumbuh mendatar biasanya akan lebih banyak menghasilkan bunga. Potong juga ranting-ranting yang terkena penyakit agar tidak menyebar pada dahan lainnya.

2. Memberikan Sayatan pada Batang

Memberi sayatan pada batang mangga bisa membuat mangga menjadi lebih cepat berbuah. luka pada batang pohon ini bertujuan untuk menghambat penyebaran hasil fotosintesi menuju akar. Sehingga diharapkan karbohidrat tetap menumpuk pada daun. Kadar karbohidrat yang tinggi bisa merangsang pembentukan bunga yang ke depannya akan menjadi buah.

Cara agar mangga berbuah lebat dengan memberi sayatan ini telah terbukti efektif membuat mangga menjadi berbuah lebat. Sayatan yang diberikan panjangnya bisa berkisar 5-15 cm. Pelukaan ini bertujuan agar mangga mengeluarkan getah atau kambium yang dimilikinya.

3. Melengkungkan Batang

Cara yang ketiga adalah dengan melengkungkan batang. Batang yang melengkung akan merangsang pertumbuhan bunga lebih cepat dibanding pohon yang tumbuh lurus. Karena nutrisi akan lebih mudah disalurkan oleh tanaman.

Anda dapat melengkungkan pohon dengan cara menarik ujungnya hingga melengkung ke tanah. sehingga nantinya posisinya tidak tegak melainkan merunduk. Agar pohon tidak kembali ke posisi semula kita bisa mengikatkan pada patok yang ditancapkan di tanah.

4. Pencekikan atau Pelilitan Batang

Sama seperti memberi sayatan pada batang, pelilitan atau pencekikan ini fungsinya adalah untuk menghambat penyebaran hasil fotosintesis dari daun ke akar. Jadi nantinya karbohidrat akan menjadi tertahan di daun. Ketika semakin banyak karbohidrat yang terkumpul pada daun maka akan lebih besar merangsang terjadinya bunga dan buah.

Pelilitan ini dilakukan dengan cara melilitkan atau mengikatkan batang utama atau sekunder dengan kawat atau media ikat lainnya. Ketika batang tumbuh semakin besar maka batang akan semakin tercekik. Cara ini biasanya baru akan terlihat hasilnya setelah 1-2 bulan ditAndai dengan munculnya bunga.

Anda bisa melepas lilitan setelah mulai muncul bakal buah. Cara ini sangat efektif digunakan untuk budidaya mangga dengan media di dalam pot atau tabulampot. Meskipun pada pohon mangga yang ditanam di tanah normal juga cukup efektif.

5. Pemberian Pupuk Rutin

Banyak pemilik pohon mangga yang hanya menanam namun tidak pernah memberikan pupuk untuk buah mangga. Akibatnya pohon mangga pun tidak mau berbuah karena kekurangan nutrisi. Kekurangan nutrisi akan membuat pohon mangga lambat dalam berkembang.

Untuk itu pemberian pupuk rutin merupakan salah satu cara membuat mangga berbuah lebat. Pupuk yang tepat untuk diberikan agar mangga berbuah lebat adalah pupuk organik, salah satunya adalah pupuk multimikroba. Dimana pupuk ini mengandung banyak mikroba yang bisa membuat pohon mangga Anda berbuah lebih lebat.

Demikian artikel mengenai cara agar mangga berbuah lebat. Lakukan tips-tips di atas secara rutin agar pohon mangga Anda memiliki buah yang lebat. Jika anda ingin mendapatkan pupuk yang bagus untuk pohon mangga maka bisa mengunjungi toko pupuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *