Cara Agar Jeruk Cepat Berbuah

Cara Agar Jeruk Cepat Berbuah

Bagaimana cara agar jeruk cepat berbuah? banyak sekali orang yang mencoba menanam buah yang satu ini di pekarangan rumahnya dengan tujuan bisa mengambil buahnya untuk dimakan. Karena jeruk ini memang memiliki rasa yang enak dan segar.

Lagi pula siapa yang tidak suka jeruk? Semua orang pasti suka jeruk, selain karena rasanya yang nikmat jeruk juga mempunya kandungan vitamin yang begitu lengkap dimana vitamin ini sangat berguna bagi tubuh.

Tips Agar Jeruk Cepat Berbuah

agar jeruk cepat berbuah

Kembali ke pohon jeruk, tidak semua orang yang menanam jeruk berhasil memanen. Bahkan beberapa diantara mereka jeruknya tidak pernah berbuah. Menanam jeruk memang terlihat sepele namun sebenarnya membutuhkan ilmu dan pengetahuan. Jika jeruk Anda selama ini belum berbuah Anda bisa mengikuti beberapa cara agar jeruk cepat berbuah yang kami berikan berikut ini.

Berikan Pupuk

Pohon jeruk perlu diberikan pupuk untuk buah jeruk yang cukup agar dapat tumbuh subur dan dapat berbuah. disini Anda bisa memberikan pupuk organik maupun pupuk kimia. Secara umum pupuk yang direkomendasikan adalah pupuk yang banyak mengandung unsur p dan k.

Pemberian pupuk harus disesuaikan dengan usia tanaman, ukuran tanaman dan tentunya sesuai dengan dosis yang dianjurkan pada kemasan pupuk atau sesuai anjuran dari toko pupuk. Pemberian pupuk juga sebaiknya dilakukan dalam bentuk cair. Jadi larutkan dulu pupuknya dengan air baru disiramkan atau disemprotkan pada pohon jeruk.

Waktu terbaik untuk melakukan pemupukan adalah pada saat cuaca sedang cerah. Jika pohon sudah mulai muncul bunga maka diperlukan pemupukan lanjutan untuk mengoptimalkan pertumbuhan bunga tersebut.

Pangkas cabang sekunder dan daun

Cara agar jeruk cepat berbuah yang kedua, memangkas cabang-cabang pada pohon jeruk dapat membuat jeruk berbuah lebih cepat. Disini yang kita pangkas adalah cabang-cabang sekunder, cabang yang sudah tua, mapun cabang yang terkenan penyakit.

Pemangkasan cabang juga akan memunculkan cabang baru yang biasanya memiliki produktivitas yang tinggi. Cabang baru biasanya akan lebih mudah mengeluarkan bunga. Memangkas cabang yang tidak produktif juga berguna menghemat energi hasil dari fotosintesis agar lebih banyak digunakan untuk perkembangan bunga dan buah.

Melukai batang tanaman

Memberikan luka pada pohon terbukti mampu membuat pohon jeruk menjadi lebih cepat berbuah. cara ini sudah sering digunakan pada jenis-jenis buah lainnya, tidak hanya jeruk. Cara agar jeruk cepat berbuah yang satu ini cukup ampuh.

Selain memberikan luka pada pohon Anda juga bisa melukan cara lain yaitu dengan melakukan pengikatan pada pohon. Ikat pohon jeruk menggunakan kawat sekuat mungkin hingga kawat menembus dan melukai batangnya. Diamkan kawat hingga pohon jeruk Anda berbuah. setelah berbuah lepas kembali kawat ikatannya.

Rangsang menggunakan air

Cara ini merupakan salah satu cara yang cukup beresiko, karena jika tidak dilakukan dengan benar maka bisa mengakibatkan pohon jeruk menjadi mati. Disini yang kita lakukan adalah mengurangi pasokan air pada pohon jeruk. Jadi kita menghentikan penyiraman selama kurang lebih 7-10 hari. Lakukan penyiraman kembali ketika pohon jeruk sudah nampak layu. Namun jangan berlebihan dalam menyiram karena justru dapat membuat pohon menjadi mati.

Cara ini hanya bisa dilakukan pada pohon jeruk yang benar-benar sehat. Jadi sebelum memakai cara ini pastikan terlebih dahulu kondisi pohon jeruk Anda apakah memungkinkan atau tidak. Jika kondisi memungkinkan baru Anda bisa menggunakan cara ini.

Anda bisa mencoba ke empat cara diatas untuk merangsang pohon jeruk agar segera berbuah. namun jangan coba ke empatnya secara bersamaan, karena khawatir pohon jeruk tidak kuat menerima perlakuan tersebut dan akhirnya malah mati. Silahkan pilh cara agar jeruk cepat berbuah yangs sesuai dengan pohon jeruk Anda. Jika sudah menemukan yang sesuai lakukan secara konsisten hingga jeruk berbuah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *