Cara Agar Durian Cepat Matang

Cara Agar Durian Cepat Matang

Cara agar durian cepat matang – durian atau si raja buah, merupakan buah yang sangat di gemari terutama di kawan asia tenggara. Buah ini memiliki ciri aroma yang khas dan kulit luarnya yang bergerigi.

agar durian cepat matang

Di indonesia sendiri, petani durian ini cukup banyak jumlahnya yang tersebar di jawa, sumatera, dan kalimantan. Dengan permintaan durian yang tinggi setiap tahunnya maka petani akan cenderung memetik buah durian. Padahal buah durian sendiri sebenarnya akan jatuh ketika sudah matang.

Permintaan durian yang begitu besar setiap tahunnya membuat orang yang menanam durian pun semakin banyak. Penjual durian pun sangat mudah ditemui ketika musim durian tiba. Selain itu toko bibit dan toko pupuk pun menjadi lebih banyak menerima permintaan bibit dan pupuk buah durian.

Tips Mudah Agar Durian Cepat Matang

Pohon durian ini juga banyak ditanam orang di halaman ataupun pekarangan rumahnya. Jika Anda di rumah memiliki pohon durian di halaman rumah, dan ingin tahu cara agar durian cepat matang maka bisa menggunakan tips di bawah ini. Tips ini hanya untuk buah bijian bukan dalam jumlah banyak.

1. Bungkus Menggunakan Kain Serbet

Agar buah durian lebih cepat matang maka kita dapat menggunakan kain serbet untuk lebih mempercepat proses pematangan. Caranya sangat gampang, yaitu dengan cara membungkus durian yang tua yang masih mentah lalu diamkan selama beberapa hari.

Setelah menunggu beberapa hari maka durian akan berubah menjadi matang. Jika proses pematangan ini berhasil maka durian akan mengeluarkan aroma khas yang menyengat. Jika aromanya belum menyengat berarti pematangannya belum sempurna, jika begitu sebaiknya bungkus kembali dan biarkan 1-2 hari.

Cara agar durian cepat matang selain menggunakan serbet, Anda juga bisa menggunakan handuk. Pastikan kain yang digunakan untuk membungkus durian benar-benar. Hal ini agar durian tidak terpengaruh kotoran dari kain yang digunakan.

2. Bungkus Dengan Kantong Kertas

Siapakan sebuah kantong kertas yang cukup besar agar muat untuk memasukan durian ke dalamnya. Masukan durian ke dalam kantong tersebut dan diamkan selama beberapa hari. Setelah beberapa hari cek kembali durian, pasti akan memunculkan bau yang sedap.

Untuk lebih mempercepat pematangan durian, sebaiknya bungkus durian bersama dengan buah apel atau pisang. Kedua buah ini memiliki kadar gas tinggi yang bisa membuat durian menjadi lebih cepat matang. Pisang sendiri memiliki gas etilana, dimana ketika gas ini dilepaskan maka durian akan matang lebih cepat.

3. Rendam di Dalam Beras

Cara tradisional yang satu ini banyak sekali dipakai orang untuk membuat buah menjadi lebih cepat matang. Biasanya buah yang akan sangat cepat matang ketika dibenamkan ke dalam beras adalah mangga. Namun selain mangga beras juga bisa mempercepat buah-buahan lainnya agar cepat matang.

Anda tentunya memerlukan beras yang cukup banyak untuk memendang sebuah durian. Karena memang durian ini ukurannya cukup besar. Jadi jika ingin mencoba cara agar durian cepat matang yang ke tiga ini pastikan Anda memiliki beras yang cukup banyak.

Anda bisa membenamkan durian ke dalam beras dengan wadah gentong atau pun baskom yang besar. Setelah dibenamkan maka harus ditunggu terlebih dahulu selama 2-3 hari. Pastikan durian yang Anda masukan adalah durian yang sudah tua bukan durian muda. Kelemahan cara ini adalah beras Anda akan terkontaminasi bau durian. Sehingga ketika dimasak nanti bau duriannya akan tetap Anda.

Cara agar durian cepat matang yang terbaik adalah dengan cara alami yaitu menunggu durian jatuh dari pohonnya. Karena durian yang dimatangkan dengan cara dipaksa biasanya hasilnya tidak akan maksimal. Jika matangnya tidak maksimal maka rasanya cenderung tidak enak. Namun jika memang tidak sabar dan ingin duriannya cepat matang maka tiga cara di atas bisa Anda praktekan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *