Alasan Mengapa Menggunakan Pupuk Organik

Alasan Mengapa Menggunakan Pupuk Organik

Alasan mengapa menggunakan pupuk organik – Sekarang ini banyak petani-petani yang memilih menggunakan pupuk organik untuk tanaman mereka dibandingkan dengan menggunakan pupuk kimia yang membuat orang bertanya tanya kenapa demikian.

APA ITU PUPUK ORGANIK ?

Alasan kenapa memakai pupuk organik

Pupuk organik merupakan Pupuk yang bahannya tersusun dari pelapukan sisa sisa tumbuhan dan hewan. Ada juga yang mengatakan bahwa pupuk terdiri dari bahan bahan alami seperti berasal dari kotoran ternak , sisa sisa makanan , sampah dan lainnya .

Keuntungan memakai pupuk organik ini sangatlah besar di bidang pertanian maupun bidang perkeebunan yang berdampak baik terhadap ekosistem pertanian dan perkebunan tersebut.

Lalu mengapa pupuk organik ini begitu banyak sekali diminati dan digunakan para petani dibandingkan dengan pupuk kimia yang semakin mini penggunaannya.
Ada banyak pupuk organik yang dijual dipasaran dengan berbagai bentuk pula seperti pupuk organik cair ,padat ,dan tabur yang semuanya berasal dari bahan bahan organik.

KENAPA PUPUK ORGANIK ?

Ada banyak alasan kenapa para petani harus memilih pupuk organik dibanding menggunakan pupuk kimia yang masih banyak digunakan.

Penggunaan pupuk kimia ini ternyata dapat merusak struktur tanah yang jelas akan berdampak buruk bagi tanaman yang selama ini petani tidak menngetahui penyebab yang ditimbulkan dari pemakaian pupuk kimia ini

Indonesia duunya memiliki tanah yang subur , namun akibat penggunaan pupuk kimia secara berlebihan yang membuat tanah ini menjadi rusak dan hilang kesuburannya sehingga banyak menimbulkan masalah-masalah pada tanaman.

Namun, dengan adanya pupuk organik ini yang akan mengembalikan kesuburan tanah yang telah hilanng dibantai pemakaian pupuk kimia secara berlebihan yang banyak dilakukan oleh petani.

Dengan bahan organik yang diserap oleh mikroba yang akan membuat tanah mensuplai banyak energi sehingga menigkatkan unsur-unsur hara yang ada pada tanah yang akan membuat produksi pertanian meningkat dengan kualitas yang terjamin pula.

BAHAYANYA PUPUK KIMIA

Pupuk kimia memang diakui dapat membuat reaksi tanaman lebih cepat karena terdapat garam mineral yang terkandung di dalamnya sehingga dapat diserap cepat oleh tanaman. Namun , penggunaan pupuk kimia secara berlebih dan berkepanjangan akan dapat merusak struktur pada tanah.

Maka dari itu penggunaan pupuk organik sangat disarankan untuk digunakan pada tanaman. karena banyak alasan alasan yang kuat untuk menggunakan pupuk organik ini.

ALASAN MEMILIH PUPUK ORGANIK

Ada beberapa alasan yang membuat harus menggunakan pupuk organik ini , yaitu :
• Dapat meningkatkan Kesuburan Tanah
Menggunakan pupuk organik ini akan menjaga kualitas yang ada di dalam tanah serta meningkatkan kesuburan pada tanah dan dapat dugnakan dalam jangka panjang serta akan membuat tanaman tumbuh dengan baik

• Ramah Terhadap Lingkungan
penggunaan pupuk organik akan lebih ramah terhadap lingkungan karena tidak menggunakan bahan bahan kimia berbahaya yang tidak merusak kesuburan tanah.

• Menghemat Biaya Pemupukan
Dengan menggunakan pupuk organik akan menguntungkan dalam hal pembiyaan karena bisa menggunakan kotoran ternak yang bisa dijadikan sebagai pupukk organik, tentu nya sangat menghemat biaya pemupukan.

Tidak dengan menggunakan pupuk kimia yang akan memakan biaya yang banyak

• Meningkatkan Hasil Produksi Pada Tanaman
Manfaat pupuk organik ini juga dapat meningkatkan hasil produksi pada tanaman dengan mutu dan hsil produksi yang lebih berkualitas.

Maka dari itu penggunaan pupuk organik ini jauh lebih baik dan dapat dilakukan dalam jangka panjang
Jika anda ingin membeli pupuk organik berkualitas , anda bisa langssung mengunjungi TOKO PUPUK yang menjual segala jenis pupuk sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *