5 Tips Agar Jeruk Berbuah Manis

5 Tips Agar Jeruk Berbuah Manis

Agar jeruk berbuah manis – Menanam jeruk itu mudah namun membuatnya berbuah itu tidak mudah. Terkadang setelah berbuah tidak jarang buahnya itu tidak manis dan membuat kita kecewa, lantas bagaimana agar jeruk berbuah manis? Jeruk yang manis dipengaruhi oleh berbagai hal mulai dari pembibitan hingga perawatan. Sekalipun kita melakukan perawatan dengan baik jika memang bibitnya bukan unggul maka sulit untuk menghasilkan jeruk yang manis.

Pentingnya Memilih Bibit Buah Jeruk Terbaik

agar jeruk berbuah manis

Begitu juga dengan menanam bibit yang unggul namun tidak dirawat dengan baik maka hasil jeruknya juga tidak akan bagus. Jadi diperlukan sinergi yang bagus antara pembibitan dan perawatan. Pada artikel ini saya akan mengupas khusus pada perawatannya, karena saya yakin bahwa jeruk yang Anda tanam merupakan bibit unggul.

Tips Agar Jeruk Berbuah Manis

Perawatan yang baik merupakan salah satu cara agar jeruk berbuah manis. dengan perawatan yang benar, jeruk akan mampu menghasilkan buah yang manis. Lalu bagaimana perawatan yang baik itu? Simak pembahasan di bawah ini.

1. Pencahayaan dan penyinaran

Pohon jeruk memerlukan cahaya matahari agar pertumbuhannya optimal. Sinar matahari juga diperlukan jeruk untuk melakukan fotosintesis. Dimana hasil dari fotosintesis ini lah yang akan menjadi buah jeruk. Dalam sehari pohon jeruk setidaknya harus terkena sinar matahari selama 5 jam.

2. Penyiraman

Semua tumbuhan memerlukan air, tidak terkecuali jeruk. Pohon jeruk yang kekurangan air maka akan kesulitan melakukan fotosintesis secara optimal. Dengan begitu maka pohon akan kekurangan energi untuk menghasilkan bunga dan buah.

Pohon jeruk yang kekurangan air biasanya akan menghasilkan buah yang kecil. Maka dari itu perlu dilakukan penyiraman secara rutin agar pohon jeruk selalu mendapatkan pasokan air yang cukup.

3. Pemupukan

Pemupukan sangat berguna untuk membuat pohon jeruk mengasilkan buah yang besar dan manis. Pemberian pupuk untuk buah harus dilakukan secara rutin minimal 4 bulan sekali. Untuk tanaman jeruk yang menggunakan pot, maka dosis pupuknya adalah 25 gram setiap tabulampot.

Agar jeruk berbuah manis dosis pupuk harus disesuaikan sering dengan berjalannya waktu dan bertambahnya umur pohon jeruk. Dosis dapat ditingkatkan menjadi 50 gram, 100 gram dan seterusnya sesuai kebutuhan.

Untuk pupuknya dapat menggunakan pupuk organik maupun pupuk kimia. Salah satu pupuk yang paling direkomendasikan untuk pohon jeruk adalah pupuk NPK. Pupuk ini cukup mudah untuk didapatkan dan juga sudah banyak dijual secara online.

4. Pemangkasan

Pemangkasan pada dasarnya dilakukan untuk merapikan pohon jeruk agar lebih rapi dan cantik. Namun sebenarnya ada manfaat yang lebih besar dari sekedar itu. Yaitu membuat energi pohon menjadi lebih hemat karena tidak terlalu banyak cabang pohon.

Tentunya yang harus dipangkas disini adalah cabang-cabang yang tidak berguna. Ataupun cabang yang terkena penyakit. Semakin sedikit cabangnya maka akan semakin banyak energi yang bisa digunakan untuk pembentukan bunga dan buah.

Namun jangan terlalu banyak memangkas cabang karena jika cabang tersisa terlalu sedikit dapat menggangu proses fotosintesis dari pohon itu sendiri. Jika fotosintesis terganggu maka akan membuat pertumbuhan jeruk terganggu.

buah jeruk manis

Perawatan Tambahan

Cek kesehatan pohon dan daun

Agar jeruk berbuah manis maka harus memiliki pohon dan daun yang sehat. Jadi Anda harus selalu memastikan bahwa kesehatan pohon jeruk dan daunnya benar-benar terjaga. Dengan kondisi yang sehat pohon jeruk akan lebih mudah dalam melakukan fotosintesis.

Lakukan pengecekan secara rutin untuk melihat apakah ada hama atau jamur yang menyerang daun dan pohon jeruk. Jika menemukan masalah segera lakukan pengobatan, bisa dengan membuat daun yang terinfeksi ataupun memotong cabangnya.

Cara-cara di atas dapat diterapkan oleh Anda yang memiliki pohon jeruk. Memang diperlukan banyak usaha dan pengorbanan agar jeruk berbuah manis. Namun jika dilakukan dengan tekun dan benar maka pengorbanan tersebut pasti akan menghasilkan buah jeruk yang manis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *