Cara Pemupukan Sawit Dengan Benar

Cara Pemupukan Sawit Dengan Benar

Cara Pemupukan Sawit Dengan Benar perlu diperhatikan meskipun pada dasarnya tanaman sawit termasuk golongan tanaman keras. Bagi para pemilik kebun kelapa sawit tehknik pemupukan bukanlah hal yang asing lagi. Namun terkadang, meskipun sudah melakukan pemupukan masih saja ada tanaman yang tidak tumbuh dengan baik dan buah yang dihasilkan juga kurang maksimal.

pemupukan Untuk Meningkatkan Hasil Panen Sawit

cara memupuk sawit dengan benar

Memupuk kelapa sawit berbeda dengan memupuk tanaman lainnya seperti cabe, kacang-kacangan yang bisa dipupuk setiap hari. Bahkan pemupukan yang terlalu sering jika tidak bagus untuk tanaman sawit anda.

cukup ketika musing kemarau saja, karena saaat itu curah hujan sedikit. Pupuk yang baik untuk sawit adalah pupuk yang dapat merangsang perakaran dan memperbaiki keasaman tanah.

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna harus diperhatikan dosis dan prosedurnya.
Pemupukan kelapa sawit bisa dilakukan 2-3 kali dalam setahun. Tergantung kesuburan tanah, usia pohon serta jumlah pupuknya. Dalam budidaya kelapa sawit, pemupukan merupakan satu proses yang sangat penting dilakukan bertujuan untuk mempertahankan produksi kelapa sawit.

Buah kelapa sawit bisa di panen 2 kali dalam sebulan, tentu semua pemilik kebun sawit menginginkan jumlah hasil yang banyak dan menetap. Namun faktanya tidak demikian, panen pertama hasilnya cukup bagus tidak kemungkinan panen kedua hasilnya turun drastis.

Maka untuk mempertahankan itu anda perlu memahami bagaimana seharusnya pemupukan yang bagus sehingga hasilnya menetap atau bahkan bertambah. Berikut metode pemberian dosis pemupukan kelapa sawit dengan benar.

Pemupukan Dapat Dilakukan Dengan Metode Tebar Dan Benam

Anda bisa memilih metode yang cocok untuk lahan kelapa sawit anda. sebagai contoh jika lahan anda datar anda bisa menggunakan metode tebar namun jika lahan anda miring tentu anda harus menggunakan metode tanam jika tidak pupuk yang anda berikan bisa jadi tidak mengenai pohonnya karena faktor tanah yang miring tadi.

Saya sarankan lakukanlah metode tanam, agar lebih mengenai pohon kelapa sawit anda. namun jika anda mengunakan metode tebar, sebaiknya tebarkan pada samping piringan sekitar 0,5 meter dari pohonnya. Atau metode tanam maka buatlah 4-6 lubang di sekitar pohon sawit kemudian isi dengan pupuk yang telah anda siapkan.

Pemupukan Dengan cara Manual Atau Modern

Pemupukan dengan cara menual yaitu pemupukan yang dilakukan satu persatu serta dilakukan oleh manusia, sedangkan cara modern bisa dengan menggunkan helikopter atau traktor. Biasanya pemupukan modern ini dilakukan untuk lahan-lahan luas seperti PT sawit dan lain sebagainnya yang sudah mencapai ribuan kilo hektar. Saat ini kebanyakan masih menggunakan pemupukan dengan cara manual karena tergolong lebih murah dan teliti.

Jadwal Pemupukan Kelapa Sawit

cara pemupukan kelapa sawit dengan benar

Pemupukan kelapa sawit biasanya dilakukan 2-3 kali dalam setahun yaitu pada awal musim dan musing penghujan. Khusus kelapa sawit yang menggunakan NPK 15-15-15, gunakan dosis 4 kg perpohon yang di tambah dengan DSP 1 kg perpohon.

Gunakan kompos untuk tandan sawit, karena bahan organik dalam kompos berguna untuk lahan yang kurang kandungan organiknya.

Pemupukan kelapa sawit tidak perlu di lakukan secara berlebihan cukup dengan cara yang sederhana saja. karena yang diperlukan hanyalah ketelitian dan ketekunan. Berikut adalah cara sederhana yang bisa anda coba untuk pemupukan sawit anda sebagai berikut.

1. Terlebih dahulu bersihkan piringan kelapa sawit anda dari gulma dan rerumputan lainnya. Jangan lupa pula untuk memangkas tandan yang berlebihan.

2.  Khusus pada area datar, pupur ditaburkan dengan jarak 0,5 dari pohon sawit hingga pinggiran melingkar

3. Pupuk yang hendak ditabur harus sudah benar-benar remah hingga tidak ada gumpalan-gumpalan lagi baru ditabur.

Berikut beberapa penjelasan yang bisa anda coba. Khusus bagi anda yang membutuhkan pupuk berkualitas dan bigung mau cari dimana bisa pesan langsung dari kami.

info selengkapnya bisa hubungi kontak resmi dibawah ini.
===hp : 0819-2939-2929

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *