Cara Budidaya Udang Air Laut

Cara Budidaya Udang Air Laut

Cara Budidaya Udang Air Laut– udang merupakan hewan yang banyak dicari dan diminati oleh masyarakat , karena pengolahannya yang bisa dijadikan makanan yang sangat enak dan juga udang ini menjadi sarana bisnis yang tepat bagi anda yang ingin memulainya .

Kenapa saya bilang demikian, karena udang merupakan hewan laut yang saat ini sedang dicari pasar , ini suatu hal yang menggiurkan bagi para pembisnis udang yang telah membudidayakan udang nya .

APA ITU UDANG LOBSTER ?

cara budidaya udang air laut

Udang lobster jenis air laut merupakan udang yang saat ini sangat diminati pasar, selain ukuran nya yang besar udang lobster air laut ini memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi dibandingkan denga udang lobster jenis air tawar .

Selain itu udang lobster jenis ini juga mempunyai rassa yang luar biasa enaknya. dengan rasa khas nya yang gurih dan juga manis membuat udang iini banyak dicari oleh pasar taapi udang lobster ini memiliki harga yang cukup mahal dari udang lain pada umumnya .banyak orang yang ingin mempunyai bisnis udang lobster jenis air laut ini tetapi tidak tahu cara membudidayakannya .

Bagaimana Cara Membudidayakan Udang Lobster Air Laut ?

Udang lobster adalah udang yang bisa dikonsumsi , selain bisa dikonsumsi udang lobster ini bisa menjadikan sarana penghasil uang yang banyak , dengan cara membudidayakan udang lobster ini dan menghassilkan panen dan kualitas udang yang baik maka ini bisa menghasilkan keuntungan yang besar dan menggiurkan .
Berikut beberapa cara budidaya lobster air laut .

memilih lokasi kolam atau tambak yang tepat
langkah pertama dalam budidaya udang lobster ini adalah dengan cara memilih lokasi untuk kolam udang tersebut . pilihlah lokasi yang mudah dijangkau dan mudah mendapatkan akses air , anda bisa memilih tempat seperti di dekat pesisir pantai atau dan teluk .tapi anda juga perlu memperhatikan daerah sekitar pesisir pantai apakah bebas dari sampah atau pun limbah pabrik yang akan mengganggu pertumbuhan damn perkembangan udang ini.

pembuatan kolam apung
setelah menetukan lokasi untuk budidaya lobster selanjutnay anda bisa membuat pekarangan atau kolam apung dengan menggunakan jaring agar lobster tetap terjaga .dan tidak lupa untuk membuat tempat persembunyian guna menghindari kanibalisme antar lobster

Pemilihan Bibit dan penebarannya
Pilihlah bibit yang berkualitas dengan cara memilih bibit yang ditangkap dari laut ,ukuran bibit yang berkualitas biasanya 0.5-10 gram /ekor .

pemberian pakan lobster yang berkualitas
ini merupakan hal sangat penting dalam membudidayakan lobster ,yaitu memberrikan pakan kepada lobster , banyak jenis pakan yang salah satunya adalah plankton . pakan ini merupakan makanan si lobster yang membuat lobster akan menghasilkan kualitas yang baik,. pakan ini dapat dihasilkan dengan cara pemupukan , maka lakukanlah pemupukan secara rutin.

yang harus dilakukan saat masa panen
pada saat masa panen , kamu hanya bisa melukannya di saat lobster memiliki ukuran yang besar dan dsudah siap untuk dijual di pasaran sekitar 120 – 200 gram /ekor . biasanya waktu panen memerlukan sekiranya sampai 10 bulan .

Baca juga : Cara agar udang cepat molting

semakin besar bibit yang ditebar saat awal pemilihan , maka semakin cepat masa panen pada lobster anda, untuk mehindari gagal panen , anda bisa melakukan pemeriksaan kolam apung secara bertahap . serta pemilihan lokasi yang tepat agar arus air laut selalu di dalamnya .

mungkin itu saja tahap tahap budidaya lobster air laut atau udang air laut yang bisa saya sampaikan , semoga bermanfaat bagi anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *