Cara Membuat Cabe Berbuah Lebat

Cara Membuat Cabe Berbuah Lebat

Cara membuat cabe berbuah lebat – Cabe merupakan salah satu tanaman yang paling difavoritkan oleh masyarakat Indonesia, bahkan saking difavoritkannya, ada banyak orang yang rela menanam cabe di belakang atau di perkarangan rumah mereka sendiri.

Di indonesia sendiri cabe sangat sering dimakan mentah bersama gorengan, rasa gurih gorengan ditambah dengan rasa pedas dari cabe membuat kombinasi ini sangatlah disukai oleh orang – orang indonesia.

Cara Membuat Cabe Berbuah Lebat

cara membuat cabe berbuah lebat q

Cabe merupakan tanaman yang gampang untuk tumbuh dan sangat mudah dalam penanamannya Namun walau mudah, apakah ada cara membuat cabe berbuah lebat?

Tanaman cabe akan tumbuh dengan optimal pada dataran rendah diketinggian 0 sampai 500 mdpl. Ketika cabe ini ditanam pada dataran tinggi lebih dari 500 mdpl, maka pertumbuhan cabe ini akan sangat lambat.

Berikut ini beberapa cara membuat cabe berbuah lebat yang benar :

1. Pilih Benih Cabe Untuk Persemaian

Untuk benih cabe, kamu bisa dengan bebas memilihnya dari benih cabe lokal ataupun dari benih cabe hibrida. Namun tentunya jika ingin cabe berbuah dengan lebat, maka kita harus memilih benih cabe dengan kualitas yang terbaik.

Untuk membuat benih cabe berkecambah dengan cepat, benih cabe harus direndam terlebih dahulu dengan air rendaman bawang merah. Bawang merah yang mengandung berguna untuk merangsang akar dan mempercepat perkecambahan pada benih cabe yang akan ditanam.

Setelah masa perendaman selesai, kemudian lakukanlah persemaian. Untuk waktu persemaian cabe dapat berkisar selama 24=26 hari .

2. Proses Penanaman Tanaman Cabe

Ketika ingin menghasilkan cabe yang berbuah lebat maka kita harus melakukan proses penanaman dengan baik sesuai prosedur yang telah diberikan.

– Bajak tempat penanaman yang dengan kedalaman 40 cm.

– Pasang lanjaran pada lahan penanaman agar tanaman cabe dapat berdiri dengan tegak ketika tumbuh nanti.

– Tanam cabe yang telah disemai kemudian langsung disiram agar cabe yang ditanam tidak menjadi kering dan layu.

– Ketika menanam di musim hujan, pasang jarak tanam selebar 80 x 60 cm. Namun jika menanam pada musim kemarau, pasang jarak tanam selebar 70 x 60 cm.

Guna hal ini adalah agar tanaman yang ditanam di musim hujan tidak terlalu lembab dan tidak membuat penyakit menjadi berkembang. Dan tentu juga sebaliknya, hal ini berguna agar tanah dan tanaman cabe tidak menjadi kering ketika musim panas berlangsung. Jika tanah yang digunakan kekurangan nutrisi, maka dapat ditambahkan pupuk pada tanahnya.

3. Proses Perawatan

Untuk membuat tanaman cabe yang berbuah lebat maka perawatan merupakan salah satu hal penting untuk dilakukan.

– Bersihkan gulma dan rumput liar yang berada disekitar tanaman cabe.

Hal ini berguna agar gulma dan rumput liar tidak dapat mendatangkan penyakit atau hama pada tanaman cabe.

– Lakukan penyiraman pada cabe jika diperlukan, sesuaikan penyiraman dengan cuaca yang terjadi, jika musim hujan maka tidak perlu melakukan penyiraman dengan sering. Namun jika musim kemarau, lakukanlah penyiraman dengan sesering mungkin.

 Untuk pemupukan pertama kali, lakukanlah setelah cabe ditanam selama 2 minggu

Proses Pencegahan Hama Dan Penyakit Pada Cabe

cara membuat cabe berbuah lebat qk

Tanaman cabe sangatlah rentan terhadap hama ulat, keong, jangkrik, dan lalat buah. Sedangkan untuk penyakit pada cabe adalah batang yang busuk, bercak pada daun dan buah yang busuk. Untuk mencegah hama dan penyakit ini, kamu dapat melakukan penyemprotan inseksida dan fungisida.

Itulah beberapa cara membuat cabe berbuah lebat, namun apakah kamu tahu apa saja manfaat dari tanaman cabe ?

Manfaat Cabe Untuk Kesehatan

Cabe memiliki sangat banyak manfaat untuk kesehatan manusia, diantaranya adalah :

1. Mengonsumsi Cabe Dapat Menghilangkan Rasa Sakit

Kandungan capsaicin pada cabe dapat mempengaruhi reseptor, sehingga membuat ujung saraf berhenti untuk mengirimkan sinyal rasa sakit yang dirasakan oleh tubuh.

Pelepasan endorphin dapat berperan sebagai penghilang rasa sakit alami.

Ada beberapa rasa sakit yang dapat diredakan oleh endorphin ini, diantaranya adalah neuropati diabetes, kejang otot bahu, serta penyakit rematik.

2. Mengonsumsi Cabe Dapat Menurunkan Berat Badan.

Kandungan capsaicin pada cabe dapat membantu pembakaran lemak. Sehingga dapat mengurangi asupan kalori pada tubuh.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Cabe memiliki kandungan vitamin B6 dan asam folat.

Vitamin B dapat mengurangi kadar homocysteine pada tubuh, yang mana jika tubuh mengalami kelebihan hormon ini akan dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan resiko stroke dan serangan jantung.

Bagaimana, sangat banyak bukan manfaat dari cabe untuk kesehatan?

Apakah kamu setuju dengan artikel kami ?

Jangan lupa klik disini untuk melihat artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *