Rahasia Agar Buah Strawberry Manis

Rahasia Agar Buah Strawberry Manis

Agar buah strawberry manis – dataran tinggi merupakan tempat yang paling cocok untuk menanam strawberry. Namun strawberry kini juga bisa ditanam di daerah dataran rendah dengan menggunakan media tanam polybag. Sehingga saat ini banyak sekali orang-orang yang hobi berkebun menanam strawberry di rumah mereka.

Agar buah strawberry manis

Tips Agar Buah Strawberry Manis

Namun kebanyakan rasa dari strawberry ini sangat asam, padahal sebenarnya buah ini juga bisa memiliki rasa yang manis jika kita mengetahui cara penanaman dan perawatan yang tepat untuk strawberry.

Buah ini memiliki kandungan vitamin yang sangat bermanfaat untuk tubuh, sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi. Tentunya akan lebih menyenangkan jika bisa memakan strawberry yang dipetik dari kebun kita sendiri. Berikut tips agar buah strawberry manis.

1. Pahami Lingkungan yang Cocok

Strawberry sangat cocok tumbuh di daerah yang dingin dengan suhu antara 17-20 C. Pada suhu tersebut strawberry dapat tumbuh dengan subur. Namun strawberry juga tidak cocok jika suhunya terlalu dingin, usahakan suhunya jangan sampai di bawah 4-5 C.

2. Penyiapan Media Tanam

Disini kita akan menanam strawberry dengan media tanam polybag. Sehingga penting sekali untuk menyiapkan polybag dengan benar. Isi polybag dengan campuran tanah yang gembur bersama dengan pupuk kandang atau pumpuk kompos. Selain itu, tambahkan juga sekam padi lalu campur hingga semua tercampur merata. Tutup polybag menggunakan terpal atau yang lainnya selama 1 hari.

3. Membuat media tanam

Setelah didiamkan selama satu hari, masukan bahan berupa tanah, pupuk kompos atau pupuk kandang, dan sekam tadi ke dalam polybag yang telah disiapkan. Isi polybag sesuaikan dengan ukurannya, jangan terlalu penuh ataupun sebaliknya.

4. Penanaman bibit

Agar buah strawberry manis maka diperlukan bibit yang unggul. Untuk bibit Anda bisa mendapatkannya pada penjual bibit strawberry. Tanam bibit strawberry pada polybag yang sudah kita siapkan sebelumnya. Pastikan menanam dengan benar agar pertumbuhan strawberry bisa maksimal.

5. Pemeliharaan

Penyiraman

Untuk membuat suhu strawberry stabil maka perlu dilakukan penyiram dua kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Sebelum melakukan penyiraman Anda juga bisa mengecek terlebih dahulu kondisi polybag untuk mengetahui kelembabannya, jika dirasa terlalu kering maka Anda harus segera menyiramnya.

Penyiangan

Pastikan bahwa tanaman yang tumbuh pada polybag tersebut hanya strawberry, jangan sampai ada tanaman lain seperti rumput liar. Rumput liar atau gulma bisa mengganggu strawberry tumbuh maksimal.

Pencegahan hama

Untuk menghasilkan buah yang manis strawberry harus benar-benar terhindar dari hama. Hama bisa membuat strawberry menjadi sakit dan akibatnya buah yang dihasilkan memiliki kualitas buruk. Pastikan Anda selalu melakukan pencegahan hama dengan rutin. Anda bisa membeli pestisida untuk mengatasi hama ulat atau lainnya yang biasa menyerang strawberry.

Pemupukan

Agar buah strawberry manis maka diperlukan pemupukan yang rutin. Dengan begitu maka strawberry bisa selalu mendapatkan nutrisi yang cukup. Apalagi dengan media tanam polybag, unsur hara yang bisa diserap sangat minim sekali.

Dengan adanya pemberian pupuk untuk buah strawberry maka bisa membantu memenuhi unsur hara yang diperlukan tumbuhan.

Salah satu pupuk yang cocok digunakan untuk strawberry adalah pupuk organik multimikroba. Dimana pupuk ini mengandung banyak mikroba yang bisa membantu strawberry Anda lebih cepat berbuah dan buahnya manis.

buah strawberry manis

Pengaturan buah

Untuk mendapatkan buah yang besar dan manis maka kita perlu mengatur jumlah buah pada pohon strawberry. Disini Anda harus memastikan bahwa setiap satu pohon hanya akan menyisakan tiga buah saja. Jadi jika dalam satu pohon terdapat bunga lebih dari maka jangan ragu untuk memotongnya dan sisakan tiga bunga saja.

Itulah tips agar buah strawberry manis. Jika Anda mengikuti langkah-langkahnya dengan benar, maka strawberry Anda akan memiliki buah yang besar dan manis seperti impian Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *