Cara Membasmi bambu Dari Perkebunan Kelapa Sawit

Cara Membasmi bambu Dari Perkebunan Kelapa Sawit

CARA MEMBASMI BAMBU DARI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT  – Bambu sebenarnya memiliki banyak manfaat yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Bambu muda bisa dimasak menjadi sayur. Sedangkan bambu yang sudah tua bisa digunakan untuk membuat konstruksi bangunan. Bahkan bagi Bangsa Indonesia, bambu memiliki manfaat khusus yaitu bambu runcing sebagai alat untuk mengusir para penjajah.

Namun ketika tumbuh di tempat yang tidak tepat, bambu akan berubah menjadi gulma yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman utama. Contohnya bambu yang tumbuh di perkebunan dapat menjadi pesaing bagi tanaman kelapa sawit dalam mendapatkan unsur hara, air, dan sinar matahari. Bambu masih termasuk dalam keluarga rumput-rumputan.

Tanaman ini umumnya tumbuh di daerah-daerah yang beriklim tropis hingga subtropis. Bambu yang ada di perkebunan kelapa sawit cukup sulit dikendalikan. Walaupun Anda sudah menebang dan membakarnya sampai habis, tapi bambu masih mampu tumbuh lagi karena akarnya masih ada.

Cara membasmi bambu

cara membasmi bambu dari perkebunan kelapa sawitAnda yang ingin membasmi rerumpunan pohon bambu yang tumbuh di perkebunan sawit karena dinilai mengganggu bisa menggunakan kiat-kiat di bawah ini.

1. Kemangi

Bambu memiliki anti-tumbuh dari alam yaitu kemangi. Anda bisa menanam kemangi di lahan bekas tanaman bambu. Anda bisa menebang bambu terlebih dahulu sampai habis tak tersisa. Tentu Anda akan merasa kesulitan jika harus membersihkan akar bambu pula. Jadi Anda bisa langsung menanam kemangi di lahan tersebut. Sebarkan benih kemangi di lahan tersebut. Setelah kemangi tumbuh, dijamin bambu tidak akan hidup lagi.

2. Batu Gamping dan Ragi Tape

Solusi lain yang bisa digunakan untuk membasmi rumpun bambu ialah campuran batu gamping/kapur putih dan ragi tape. Campuran dari kedua bahan ini akan menghasilkan ramuan yang sangat ampuh dipakai untuk membunuh rerumpunan pohon bambu. Tumbuklah batu gamping sampai halus. Kemudian campurkan dengan ragi tape. Campuran ini lalu ditaburkan ke lahan yang ditumbuhi bambu secara merata.

3. Karbit dan Batang Pepaya

Siapa sangka jika batang pepaya bisa dimanfaatkan untuk mengendalikan bambu yang tumbuh di perkebunan kelapa sawit? Cara mengolahnya mudah sekali. Anda hanya perlu memotong batang pepaya menjadi beberapa bagian. Lalu setiap potongan batang pepaya tadi dibelah menjadi dua bagian. Masukkan karbit di tengah-tengahnya. Satukan kembali potongan batang pepaya tersebut. Lantas Anda bisa mengubur potongan batang pepaya yang berisi karbit ini di bawah rerumpunan bambu.

4. Soda Api

Soda api merupakan bahan kimia yang mempunyai sifat korosi yang tinggi. Bahan ini biasanya dipakai untuk mengupas lapisan cat dinding atau meluruhkan kotoran yang menyumbat pipa paralon. Anda juga bisa memanfaatkan soda api untuk membasmi bambu loh. Caranya yaitu campurkan soda api dengan air secukupnya. Lalu cairan yang telah terbentuk bisa disiramkan ke seluruh area yang ditumbuhi bambu.

5. Herbisida

Ada juga bahan kimia yang sengaja dibuat untuk mengendalikan pertumbuhan bambu. Di sini Anda bisa menggunakan herbisida yang bersifat glufosat. Contohnya yaitu round up yang dicampur dengan aly. Campurkan herbisida dengan air menggunakan dosis 250 cc per 15 liter air. Campuran ini lantas disemprotkan ke rerumpunan pohon bambu. Diperlukan upaya penyemprotan sebanyak 3-4 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Demikian beberapa cara membasmi bambu dari lahan tanaman sawit anda. tips ini termasuk salah satu tips yang paling ampuh karena tips ini saya sajikan berdasarkan pengalaman pribadi dalam melakukan pembasmian bambu dari kebun sawit saya. Semoga bermanfaat…

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *