cara budidaya kelapa sawit yang baik dan benar

cara budidaya kelapa sawit yang baik dan benar

Cara Budidaya Kelapa Sawit Yang Baik Dan Benar – adalah usaha untuk membudidayakan kelapa sawit dengan cara yang baik dan benar . karena cara yang benar akan mempengaruhi tanaman dan buah yang akan dihasilkan. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk budidaya kelapa sawit anda. dalam tulisan ini saya akan berbagi pengetahuan tentang bagaimana cara budidaya tanaman kelapa sawit yang baik dan benar menurut para pakar perkebunan kelapa sawit sebagai berikut.

Pembibitan Kelapa Sawit

cara budidaya kelapa sawit yang baik dan benarHal yang biasanya pertama kali dilakukan oleh para budidaya sawit adalah penyamaian bibit kelapa sawit.kecambuh atau bibit kelapa sawit dimasukkan ke polibag yang berukuran 12x 35cm atau 15x23cm. Kemudian polibag tersebut di isi tanah dan bibit sawit dimasukkan kedalam tanah polibag sedalam 2cm.

Lakukan pengejekan rutin dan pastikan agar tanah dalam polibag selalu dalam keadaan lembab, karena jika kering kecambah bibit sawit tidak akan bisa hidup dan tumbuh dengan baik. Kemudian polybag di simpan pada tempat bedengan berdiameter 120cm kurang lebih selama 3 sampai 4 bulan.

Setelah itu kecambah akan mengeluarkan dauh sekitar 4 sampai 5 helai. Bibit yang sudah sampai 4 dan 5 helai sudah siap untuk dipindah tanamkan. Ketika proses pembibitan lakukan perawatan tanaman berupa penyiraman, penyiangan, penyulaman dan pemupukan.

Penyiraman dilakukan 2 kali sehari pagi dan sore hari. Penyiangan dilakukan 2 sampai 3 kali dalam sebulan atau sesuaikan dengan gulma yang ada pada bibit. Kemudian penyulaman atau menyeleksi bibit yang mati atau pertumbuhannya yang tidak normal.  Penyeleksian di lakukan ketika bibit sudah berumur 4 sampai 9 bulan. Bibit yang tumbuh tidak normal atau ada cacat dan lain-lain sebaiknya di buang agar tidak mempengaruhi pada bibit yang lain.

Media Tanam

Setelah selesai melakukan pembibitan maka langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah memilih media tanam yang paling bagus. kesuburan tanah akan sangat mempengaruhi untuk pertumbuhan tanaman sawit anda, maka carilah tanah yang paling cocok untuk tempat penanaman. Berikut beberapa contoh tanah yang cocok untuk menanam kelapa sawit.

a. Tanah yang mengandung lempung yang tidak berbatu dengan pH 4 -6
b. Tanah untuk kebun sawit harus memiliki area yang baik dan subur
c. Tanah yang lembab, dekat dengan sumber air . solum yang cukup minimal sekitar 80cm.
Berikut jenis tanah yang cocok untuk tanaman sawit anda.

Tekhnik Penanaman Bibit Kelapa Sawit

Pola menanam yang dapat di terapkan pada budidaya sawit adalah pola monokultur atau tumpang sari. Tanaman penutup tanah pada areal lahan perkebunan kelapa sawit sangat penting adanya untuk memperbaiki sifat fisika, kimia, dan biologi pada tanah.

Selain itu bermnafaat juga untuk mempertahankan kelembaban, mencegah erosi dan untuk menekan pertumbuhan tanaman pengganggu atau gulma . tanaman penutup tanah yang dimaksud adalah berupa tanaman kacang-kacangan. Sedangkan waktu paling baik untuk menanam sawit adalah pada musim hujan.

Hal ini dimaksudkan agar cukup air untuk pertumbuhan. Lepaskan polybag yang berisi bibit sawit dengan hati-hati jangan sampai bola tanahnya rusak. Kemudian masukkan bibit kedalam lubang yang telah dibuat beberapa hari sebelum penanaman.
Namun perlu di fahami bahwa menanam sawit bisa dikatakan gampang-gampang susah. Karena butuh extra kehati-hatian dan kerja yang panjang.

 Lakukan Pemupukan Rutin

cara bubidaya kelapa sawit yang baik dan benar

Setalah penanaman bibit selasai maka tunggulah sekitar 1 bulan sampai tumbuh akar dari bibit tersebut, kemudian lakukan pemupukan secara rutin minimal sekali dalam 3 bulan.
Sebelumnya perhatikan pupuk yang cocok untuk jenis kelapa sawit. Setelah pertumbuhan beberapa tahun agar mempercepat dalam menghasilkan buah maka tambahkan dengan pupuk yang lebih berkualitas seperti pupuk nasa, multimikroba dan sebagainya.

Demikian yang dapat saya jelaskan sekilas mengenai tata cara budidaya tanaman sawit yang bisa anda coba untuk tanaman anda. jika anda membutuhkan pupuk yang baik dan berkualitas untuk meningkatkan pertumbuhan dan hasil panen kelapa sawit anda.

info selengkapnya meneganai pupuk yang anda butuh silahkan hubungi kontak resmi kami di bawah ini.
Hp: 081-929-392-929

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *